detikNews
Senin 22 Juli 2019, 13:45 WIB

Soal Spanduk Warga Tolak Pencari Suaka, Walkot Jakbar: Itu Protes yang Wajar

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Soal Spanduk Warga Tolak Pencari Suaka, Walkot Jakbar: Itu Protes yang Wajar Foto: Spanduk warga tolak pencari suaka (Rolando-detik)
Jakarta - Spanduk penolakan warga terhadap masih bertebaran di sekitaran eks Gedung Kodim Jakarta Barat, Kalideres. Isi spanduk tersebut masih sama, warga menolak kehadiran pencari suaka.

Pantauan detikcom, di sekitaran eks Gedung Kodim Jakarta Barat, Jalan Bedugul, Kalideres, Jakbar, Senin (22/7/2019) 10 spanduk penolakan masih terpasang. Sebagian spanduk dipasang tepat di depan gerbang eks Gedung Kodim.

Di hubungi terpisah, Walikota (Walkot) Jakarta Barat, Rustam Effendy mengatakan penolakan yang dilakukan warga dinilai wajar. Keberadaan pencari suaka belum diketahui sampai kapan di eks Gedung Kodim.

"Jadi begini, inikan masyarakat protes wajar, merasa was-was. Sementara itukan (pencari suaka) keliaran nggak baik juga. Maka ditempatkan di situ sementara. Sampai kapan? Itu kebijakan pemerintah pusat," kata Rustam.



Rustam meminta masyarakat paham dengan permasalahan kemanusiaan ini. Terpenting, Rustam meminta masyarakat tidak anaskis dalam menyampaikan penolakannya.

"Sekarang ini masyarakat harus paham juga masalah kemanusiaan. Kalau protes masyarakat nggak apa apa dia protes, yang penting jangan buat anarkis," ujarnya.

"Kalau spanduk itu diturunkan apa sih untungnya? Apa sih urgensinya? Kan nggak harus segera diturunkan," ujarnya.

Spanduk yang terpasang menurut Rustam tidak harus segera diturunkan. Dia pun mengatakan biar warga di lokasi saja yang menurunkan spanduk tersebut.



"Kan nggak harus segera diturunkan, biar saja dulu masyarakat menyampaikan aspirasinya nggak setuju. Yang nggak setuju keperluannya kita padukan, gitu," ucapnya.

"Biarin saja dululah, nanti kita kasih penjelasan, biar mereka (warga) yang menurunkan saja, jangan kita yang menurunkan," pungkas Rustam.

Sebelumnya, pada minggu lalu (15/7) Wakil Walikota Jakarta Barat M Zen memantau para pencari suaka di eks Gedung Kodim Jakarta Barat, Kalideres. Dalam kunjungnya tersebut, Zen meminta spanduk penolakan pencari suaka untuk dicopot.

"Pak Lurah, nanti spanduk penolakan dicopot nanti spanduknya," ujarnya.

"Lagi kita persuasi, Pak," sahut Lurah Kalideres Muhammad Fahmy.


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed