detikNews
Senin 22 Juli 2019, 13:05 WIB

Soal Rekonsiliasi 55-45, Ruhut: Amien Rais Mau Bikin Apa di Republik Ini?

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Soal Rekonsiliasi 55-45, Ruhut: Amien Rais Mau Bikin Apa di Republik Ini? Ruhut Sitompul (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Influencer TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Ruhut Sitompul, mengomentari pembagian kursi 55-45 ala Amien Rais. Ruhut menilai lebih baik tak ada rekonsiliasi ketimbang dilakukan pembagian kursi seperti itu.

"Amien Rais itu tegas tidak tahu diri ya. Udahlah, dia mau bikin apa di republik ini. Tegas saya sebagai lawyer loyalis pendukung setia Pak Jokowi lebih baik nggak usah rekonsiliasi. Kalau hanya mau bikin gaduh, dari mana ceritanya 55 ke 45? Langsung pembagiannya begitu," kata Ruhut di saat ditemui di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019).


Dia menilai harusnya partai pendukung Prabowo malu dengan pernyataan Amien Rais. Ruhut juga menyebut pendukung Jokowi sudah bekerja habis-habisan di pemilu.

"Saya tegas mengatakan semua partai pendukung Pak Prabowo saya mohon mestinya lihat kami-kami ini malu, kami selama ini berdarah-darah bekerja. Dari 5 tahun kemarin, tiba-tiba selama ini pendukung Prabowo menghina merendahkan Pak Jokowi, sudah kami menang nggak malu minta jabatan minta kursi?" ujarnya.


Sebelumnya, Amien Rais bicara syarat rekonsiliasi. Amien juga berbicara soal pembagian porsi 55-45 sebagai wujud rekonsiliasi Jokowi-Prabowo.

"Saya bilang kalau mau rekonsiliasi tentukan dulu platformnya (programnya), mau diapakan Indonesia ini? Prabowo sudah bicara di mana-mana pentingnya kedaulatan pangan, energi, tanah, air, dan lain-lain. Kalau itu disepakati, misalnya disepakati, ayo bagi 55-45, itu masuk akal. Kalau sampai disepakati berarti rezim ini balik kanan, sudah jalan akalnya," kata Amien Rais dalam sambutan acara 'Muhasabah dan Munajat untuk Negeri' di gedung Dakwah, Jl Kramat Raya, Jakpus, Sabtu (20/7).
(abw/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com