detikNews
Senin 22 Juli 2019, 11:24 WIB

Pencari Suaka Afghanistan-Somalia Baku Hantam Gegara Rebutan Wudu

Rolando Fransiscus - detikNews
Pencari Suaka Afghanistan-Somalia Baku Hantam Gegara Rebutan Wudu Foto: Rolando/detikcom
Jakarta - Dua orang pencari suaka asal Afghanistan dan Somalia baku pukul di eks Gedung Kodim, Jakarta Barat. Hal tersebut terjadi dikarenakan pencari suaka asal Somalia diduga menyerobot pencari suaka Afganistan saat mengambil air wudu.

Petugas Tagana, Iwan, menceritakan peristiwa tersebut terjadi pada hari Minggu (21/7) kemarin siang di halaman eks Gedung Kodim Jakarta Barat, Jalan Bedugul, Kalideres, Jakbar. Seorang pencari suaka asal Afghanistan dikatakan Iwan tidak terima diserobot oleh seorang pencari suaka Somalia.

"Hanya masalah air aja. (Seorang pencari suaka Afghanistan) mau ambil air wudu, tapi diserodok (pencari suaka Somalia), sedangkan dia nggak terima. Orang namanya mau ambil air wudu nggak terima," kata Iwan, di lokasi, Senin (22/7/2019).


Baku pukul antara dua orang pencari suaka tersebut memancing keributan yang lebih besar. Para pencari suaka Afghanistan dan Somalia saling lempar batu hingga menimbulkan korban luka di antara kedua kubu.

"Yang berantem cuma 2 orang, negara ini sama negara ini (jadi banyak)," ucap Iwan.

"Iya sempat lemparan batu. Ada yang luka 4 orang, cuma luka ringan doang kena batu," tambahnya.

Keempat orang yang luka tersebut langsung diobati oleh petugas kesehatan yang siaga di lokasi. "Diobati di klinik di sini aja puskesmas stand by," tutur Iwan.


Untuk meredakan keributan tersebut, Iwan yang terlibat langsung dalam peristiwa tersebut melerai kedua kubu. Iwan melerai kedua kubu bersama petugas lainnya dan keributan usai.

"Antara kita petugas saja, negara sini sama negara sono, sudah selesai," sebut Iwan.

Iwan mengatakan usai keributan kedua kubu dipanggil petugas. Mereka saling ketemukan agar keributan tidak terjadi selanjutnya.

"Iya (keduanya) dipanggil polisi," ujar Iwan.

Iwan yang melerai keributan tersebut juga mengalami luka ditangannya. Iwan mengalami luka bengkak pada tangannya karena memisahkan kedua kubu.

"Iya (tangan luka bengkak) karena misahin dia, orang batu di depan saya (lewat), batunya gede. Batu melayang begitu," imbuh Iwan.
(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com