detikNews
Senin 22 Juli 2019, 10:52 WIB

Jaksa Agung di HUT Kejagung: Penegakan Hukum Jangan Ganggu Investasi

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jaksa Agung di HUT Kejagung: Penegakan Hukum Jangan Ganggu Investasi Jaksa Agung M Prasetyo saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (Foto: Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta - Jaksa Agung M Prasetyo meminta agar jajarannya mempertimbangkan dampak dari segala penegakan hukum yang dilakukan. Prasetyo berharap tindakan hukum para jajarannya tidak memberi pengaruh buruk bagi pertumbuhan ekonomi.

Awalnya Prasetyo menyebut saat ini masih banyak peraturan perundang-undangan yang masih tumpang tindih yang dapat menimbulkan ketidakpastian hukum. Kondisi itu disebut Prasetyo dapat berdampak pada upaya pemerintah yang tengah menarik investor.

"Dengan adanya fenomena tersebut, kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum harus mampu turut serta membangun keyakinan dunia usaha, para pelaku ekonomi, dan masyarakat bahwa persoalan kepastian hukum selalu mendapat perhatian dan perbaikan sehingga tidak perlu terlalu dikhawatirkan akan menghalangi dan menyulitkan usaha dan investasi yang akan dijalankannya," kata Prasetyo saat menyampaikan sambutan dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 di Lapangan Upacara Badan Diklat Kejaksaan, Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019).




"Harus pula dipastikan bahwa setiap tindakan dan kebijakan penegakan hukum yang dilakukan sepenuhnya didasarkan pada pertimbangan yang benar, memperhatikan outcome dan dampak yang kemungkinan timbul yang dapat memberi pengaruh negatif terhadap iklim investasi dan pertumbuhan ekonomi," imbuh Prasetyo.

Di sisi lain Prasetyo turut menyinggung soal masih adanya jaksa 'nakal' di dalam lembaga yang dipimpinnya. Untuk mengatasi hal itu Prasetyo kembali memberikan peringatan.

"Berkenaan dengan itu maka tidak pernah bosan, saya akan selalu dan terus mengingatkan kepada segenap insan Adhyaksa agar benar-benar mampu menjaga integritas dan disiplin diri baik dalam melaksanakan tugas kedinasan maupun dalam menjalankan kehidupan sehari-hari," sebut Prasetyo.
(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com