detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 12:31 WIB

Ketika Lulung Berpantun soal Kunker Anies dan Bambu Getah Getih

Faiq Hidayat - detikNews
Ketika Lulung Berpantun soal Kunker Anies dan Bambu Getah Getih Abraham Lunggana alias Lulung (Foto: Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah menjadi sorotan mengenai hiasan bambu bernama Getah Getih karya seniman Joko Avianto. Ketua Umum Badan Musyawarah Betawi Jakarta Abraham Lunggana alias Lulung membela Anies dengan berpantun.

Lulung memberikan sambutan dalam acara Lebaran Betawi di Lapangan Monas. Dari atas panggung, Lulung menyinggung soal kunjungan kerja Anies ke Amerika Serikat dan Kolombia.

"Gubernur kita baru kemarin pulang dari Kolombia dan Amerika,"kataLulung di Lapangan Monas, Jakarta, Minggu (21/7/2019).


Setelahnya Lulung berpantun. "Dari Kolombia ke Tugu Monas. Oleh-olehnya kita dapat balapan Formula E. Warga Jakarta boleh berbangga. Punya gubernur kerjanya oke," ujar Lulung.

Lulung kemudian menyampaikan harapannya agar program Badan Musyawarah (Bamus) Betawi Jakarta bisa terwujud seperti terbentuknya Laksar Adat Betawi sebagai mitra penegak hukum sesuai dengan Perda Nomor 4 Tahun 2015 tentang pelestarian budaya Betawi. Lulung juga ingin Bamus Betawi Jakarta bisa sinergi dengan pengurus masjid.

"Waktu audiensi kita bentuk Laskar Adat Betawi mitra penegak hukum khususnya Perda Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Budaya Betawi. Ingin bentuk takmir masjid agar Bamus bisa sinergi pengurus masjid dan bentuk majelis taklim bamus Betawi," ucap Lulung.

Setelahnya, Lulung kembali berpantun. Kali ini pantun Lulung menyinggung soal instalasi bambu Getah Getih di Bundaran HI. "Sebelum kembali ke Amerika, beliau diundang narsum luar biasa, ada isu-isu karya dibuat oleh seniman Joko Avianto," kata Lulung.


Berikut ini pantun yang dibacakan Lulung:

Hiasan bambu di bunderan HI
Karya anak bangsa Joko Avianto si Getah Getih

Belanja besi kok ke luar negeri
Kagak deh ye, harusnya kita jauh lebih peduli agar petani bambu bisa mandiri




Tonton Video Anies Jawab Kritik soal Bambu Getah Getih: Biaya Mengalir ke Rakyat:

[Gambas:Video 20detik]


(fai/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com