detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 11:32 WIB

Pemprov DKI Jawab Ferdinand soal Lebar Trotoar: Idealnya 4,5-6 Meter

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pemprov DKI Jawab Ferdinand soal Lebar Trotoar: Idealnya 4,5-6 Meter Foto: Rencana revitalisasi trotoar Cikini - Kramat Raya (Youtube Bina Marga DKI)
Jakarta - Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menilai lebar trotoar bagi pejalan kaki cukup 1,5 meter. Dinas Bina Marga DKI Jakarta menjelaskan lebar trotoar idealnya mencapai 4,5 hingga 6 meter.

"1,5 meter belum mengakomodir semuanya. Trotoar yang ideal 4.5 sampai dengan 6 meter. 1,5 meter untuk pejalan kaki, 1,5 meter untuk disabilitas, 1,5 meter untuk street furniture , 0,5 sampai dengan 1 meter untuk buffer atau amenities. Sehingga pejalan kaki benar-benar nyaman," kata Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugraha saat dihubungi, Minggu (21/7/2019).

Kawasan Cikini tersebut nantinya akan diprioritaskan bagi pejalan kaki. Dia mengatakan trotoar tidak hanya mengakomodir pejalan kaki tapi juga warga penyandang disabilitas.

"Ya, selain mengakomodir pejalan kaki juga penyandang disabilitas. Lebih nyaman, aman dan bahagia warganya," ujarnya.

Hari menjelaskan kemacetan di kawasan Cikini hanya akan berlangsung sementara. Dia mengatakan kemacetan akan terurai usai proyek revitalisasi selesai.

"Dalam pelaksanaan konstruksi memang agak macet. Nanti setelah selesai akan relatif lebih lancar," tutur Hari.

Sebelumnya, Ferdinand menilai kebijakan Pemprov DKI Jakarta keliru dalam melakukan revitalisasi trotoar di . Ferdinand mengatakan trotoar yang sudah ada hanya perlu dipoles agar lebih indah dipandang.

"Semestinya Pemda DKI jangan mengurangi lebar jalan, ini keliru namanya. Lebar trotoar lama 1,5 meter cukup untuk digunakan pejalan kaki, tapi memang harus dipercantik trotoarnya untuk memenuhi kriteria kota kelas dunia," kata Ferdinand melalui akun Twitternya.

"Pertanyaan sekarang, untuk apa trotoar 3 meter lebih? Tidak rasional sementara jalanan akan bertambah padat karena jalur akan berkurang," tegas dia.

(fdu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com