detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 10:15 WIB

Pembersihan Gorong-gorong Kuningan Selesai, Air Limbah Sudah Mengalir

Matius Alfons - detikNews
Pembersihan Gorong-gorong Kuningan Selesai, Air Limbah Sudah Mengalir Suasana di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan usai pembersihan gorong-gorong. (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Petugas PAL sudah selesai membersihkan sampah di gorong-gorong kawasan Kuningan. Saat ini, air limbah di gorong-gorong tersebut sudah mengalir.

Manajer Operasi dan Pemeliharaan PD PAL Jaya, Adri Pontia mengatakan petugas baru selesai melakukan pembersihan pagi ini pukul 08.30 WIB. Proses bersih-bersih akan dilanjutkan besok.

"Kemarin sudah diambil sampahnya, masih sampah kabel juga dan lainnya seperti itu. Kemudian lanjut tadi pagi sampai pukul 08.30 WIB mereka baru selesai. Belum tuntas 100%, tapi besok tinggal pembersihannya," kata Adri saat dihubungi detikcom, Minggu (21/7/2019).


Adri mengatakan sampah yang diangkat oleh petugas hingga pagi tadi masih berupa campuran kabel, kondom, dan pembalut. Ia mengaku saat ini air sudah bisa mengalir.

"Iya kembali lagi besok, jadi memang aliran sudah mulai mengalir gitu, aliran air limbah sudah mulai mengalir ke main hall-main hall selanjutnya, kalau kemarin masih menggenang, kalau sekarang sudah mengalir," ungkapnya.


"Sampah yang jelas banyak tadi masih sama mayoritas sampah kabel, terus iya sampah (kondom) itu, dan sebagainya ya, jadi udah kecampur sih emang di situ ya, pembalut juga," sambungnya.

Ia mengungkap proses pembersihan memang sempat terhambat oleh aliran air sedalam 4 meter di dalam gorong-gorong. Namun para petugas, sebutnya bisa mengatasi itu.

"Pembersihan ini kita harus tahan aliran, nah untuk maintenance kedalaman pipa 9 meter yang kita harus turun kan kita harus pastikan kita memang bisa turun ke bawah untuk tarik sampah. Tapi kalau posisi masih 4 meter kan kita harus kendalikan dulu air limbahnya, gimana caranya biar bisa mengalir gitu," ujar Adri.


(maa/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com