detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 00:26 WIB

12 Jam Pembersihan Gorong-gorong Kuningan, Petugas Masih Temukan Kondom

Adhi Indra P - detikNews
12 Jam Pembersihan Gorong-gorong Kuningan, Petugas Masih Temukan Kondom Foto: Sampah kondom di gorong-gorong Kuningan (Adhi/detikcom)
Jakarta - Proses pembersihan gorong-gorong di Mega Kuningan, Jakarta Selatan, sudah memakan waktu lebih dari 12 jam. Petugas masih menemukan sampah kondom hingga pembalut di dalam gorong-gorong.

Pantauan detikcom, hingga Sabtu (20/7/2019) pukul 23.45 WIB, ada satu karung sampah yang berhasil dikumpulkan petugas PD PAL Jaya dalam proses pembersihan hari ini. Proses pembersihan terkendala proses pengeringan air di dalam gorong-gorong.

"Hari ini baru satu karung saja, karena kedalaman airnya ini kan masih 4 meter, jadi ketika dipompa, naik turun-naik turun airnya. Jika pompanya dimatikan, airnya akan naik lagi. Jadi tidak sampai target untuk bisa mengambil sampah yang di bawah. Ini yang ada di permukaan aja," ujar asisten pemeliharaan jaringan pipa air limbah PD PAL Jaya, Budi, di lokasi.


"Sampahnya ada botol-botol, plastik, pembalut, kondom, styrofoam juga ada," lanjutnya.

Budi menyebut proses pengangkatan ini akan diselesaikan secepat mungkin. Namun ia tidak bisa memberikan kepastian apakah pengambilan sampah ini terus dilanjutkan sampai esok pagi.


Hal senada juga disampaikan petugas operasional dan pemeliharaan PD PAL Jaya Yahya Effendi. Ia mengatakan kelanjutan proses ini akan melihat kondisi ke depan.

"Kami mau lihat situasi kondisi dulu. Kalau target dilanjutin atau nggak itu, lihat kondisi lapangan dululah," ujar Yahya.
(tsa/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com