detikNews
Sabtu 20 Juli 2019, 23:23 WIB

PKB Klarifikasi Sindiran 'Parkiran Jelek' ke Menag: Itu Hanya Kiasan

Tim detikcom - detikNews
PKB Klarifikasi Sindiran Parkiran Jelek ke Menag: Itu Hanya Kiasan Maman Imanulhaq (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Dewan Syuro DPP PKB, Maman Imanulhaq mengklarifikasi terkait kritiknya kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Maman mengatakan maksud dari pernyataan 'parkir jelek', menunjukkan birokrasi bukan menteri.

"Saya ingin menyatakan bahwa, parkiran jelek itu sebagai kiasan untuk menunjukkan bahwa perbaikan birokrasi akan menentukan perbaikan lingkungan sekitarnya. Sekalipun menterinya bagus, kalau birokrasi jelek, dampaknya parkirannya pun bisa jelek," kata Maman kepada wartawan, Sabtu (20/7/2019).

Maman menegaskan, kritik terhadap Kementerian Agama hanya sebagai usaha menyampaikan persoalan yang objektif, bukan menjelek-jelekkan Menag.

"Intinya sehebat apapun menterinya kalau sistem reformasi birokrasi tidak dibangun, itu akan gagal seperti kasus Menteri Lukman di kementerian agama," katanya.



Menurut Maman, birokrasi saat ini hanya sebagai representasi kekuasaan saja dan tidak sama sekali melayani masyrakat. Karena itu, dia mengingatkan agar semua pihak selaras dengan visi-misi Jokowi yang melayani rakyat.

"Birokrasi yang selama ini hanya jadi representasi sebuah kekuasaan yang hegemonic, tidak melayani, merasa paling pintar, memarjinalkan peran masyarakat dan cenderung korup harus direformasi total. Ini spirit pemerintah Jokowi yang melayani, anti korupsi dan melibatkan peran masyarakat", jelasnya.

Maman menegaskan kritiknya itu sebagai peringatan soal perbaikan negara tidak cukup hanya mengandalkan sosok yang baik tanpa disertai tindakan perbaikan reformasi. Dia mencontohkan Kemenag yang dinilai abai dengan gerakan intoleransi dan radikal yang membuat keretakan sosial di masyarakat.


(zap/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com