detikNews
Sabtu 20 Juli 2019, 21:12 WIB

Ini Kesulitan Petugas Bersihkan Gorong-gorong Tersumbat Kabel-Kondom

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Ini Kesulitan Petugas Bersihkan Gorong-gorong Tersumbat Kabel-Kondom Suasana pembersihan gorong-gorong di kawasan Kuningan (Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Jakarta - Petugas terus berupaya membersihkan gorong-gorong di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, yang tersumbat sampah kondom hingga kabel. Pembersihan ini terkendala proses pengeringan air di dalam gorong-gorong.

"Hambatannya pengeringan air saja, tadi sore sudah bagus dop di depan (Apartemen South Hill), kita sudah mau mulai action, tapi dop-nya jebol lagi," ujar petugas PD PAL Jaya bidang Operasional dan Pemeliharaan, Yahya Effendi, di Jalan Denpasar Raya, Karet Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (20/7/2019).

Jebolnya penahan air tersebut membuat proses pengambilan sampah di dalam goring-gorong kembali tertunda. Petugas pun harus memulai dari awal untuk memompa air agar gorong-gorong kering dan sampah mudah diangkut.

"Sekarang mau dipompa dari dua sisi main hole, kemudian di-dop lagi," ujarnya.



Yahya mengatakan pihaknya berupaya agar pembersihan ini segera selesai. Dia mengatakan jika pembersihan ditunda, maka air akan kembali naik.

"Tidak ada target, tapi mau kita tuntaskan secepatnya, karena kalau kita tunda lagi, airnya naik terus. Mumpung airnya sedang turun," ujarnya.

Suasana pembersihan gorong-gorong di kawasan KuninganSuasana pembersihan gorong-gorong di kawasan Kuningan (Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom)

Dia menyatakan proses pembersihan ini tidak mengganggu saluran air limbah gedung di sekitar Kuningan. Menurutnya, air limbah dari berbagai gedung di sekitar lokasi tetap bisa dialirkan ke pembuangan limbah.

"Tidak mengganggu proses pengeringan. Kita tidak ganggu pelanggan, kerja tetap jalan," kata Yahya.

Pantauan detikcom, hingga pukul 20.50 WIB, upaya pengeringan air masih berlangsung. Sesekali salah seorang petugas PD PAL Jaya masuk ke dalam gorong-gorong untuk mengecek kedalaman air, sementara rekannya yang lain memberikan bantuan penerangan lampu sorot.



Lokasi gorong-gorong yang dibersihkan hari ini sama dengan lokasi pembersihan yang telah dilakukan PD PAL Jaya sebelumnya. Dari pembersihan yang telah dilakukan akibat sejak 2 Juli 2019, PD PAL Jaya menemukan banyak sampah yang menyumbat gorong-gorong mulai dari kondom hingga celana.

"Yang banyak itu kan pembalut pantyliner, celana dalam, dimasukkan ke WC, langsung di-flush di situ. Terus ya termasuk kondom, celana dalam. Bahkan botol plastik banyak sekali," kata Dirut PD PAL Jaya Subekti, Jumat (19/7).

Selain itu, Subekti menemukan kabel sepanjang 35 meter. Total sampah yang ditemukan hingga 10 karung.

"(Kabel) masih 35 meter. Besok masih ada lagi nggak tahu. Saat ini sih ditemukan 35 meter, ada sampah-sampah yang 10 karung itu," sebutnya.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com