detikNews
2019/07/20 21:05:30 WIB

Round-Up

Sindiran Balik PPP Gara-gara PKB Anggap Menag Gagal

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sindiran Balik PPP Gara-gara PKB Anggap Menag Gagal Lukman Hakim Saifuddin (Foto: Rengga Sancaya-detikcom)
Jakarta - PPP dan PKB terlibat saling sindir. Penyebabnya, PKB menyebut kader PPP Lukman Hakim Saifuddin gagal sebagai Menteri Agama (Menag).

Wasekjen PKB Maman Imanulhaq awalnya menyebut Lukman adalah seorang negarawan yang bicaranya baik namun bukan petarung. Dia menyebut Lukman malah terkunci oleh anak buahnya sehingga banyak masalah yang tidak sampai kepadanya.

"Menteri Agama yang sekarang itu seorang negarawan, ngomongnya baik, tapi bukan petarung. Bukan orang yang mampu mempengaruhi anak buahnya untuk mengimplementasikan kebijakan. Jadi saya melihat bahwa beliau terkunci oleh anak-anak buahnya, banyak problem yang tidak nyampai," kata Wasekjen PKB Maman Imanulhaq di d'Consulate, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7/2019).


Maman ImanulhaqFoto: Maman Imanulhaq. (Dok Pribadi)


Lukman, kata Maman, gagal di Kementerian Agama (Kemenag). Maman juga mengungkit jeleknya kondisi parkir di kantor Kemenag dan mengaitkannya dengan menterinya.

"Gagal, betul gagal. Bukan hanya soal kinerja. Bapak datang deh ke Lapangan Banteng, tidak pernah ada sebuah kementerian yang parkirnya paling jelek, kecuali Kementerian Agama. Parkirnya aja jelek, apalagi menterinya gitu," ucap Maman.

Meski mengkritik keras Lukman, Maman tak menjawab lugas apakah kader PKB sebaiknya yang menjadi Menag. Dia menyerahkan pemilihan menteri kepada Presiden terpilih Joko Widodo.

"Tanyanya ke Jokowi dong. Karena sesungguhnya siapa pun nanti yang Jokowi tunjuk, dia harus pemberani, dia harus petarung, dia harus konsisten terhadap NKRI dan Pancasila. Bukan hanya sekadar bagi-bagi kekuasaan, bukan hanya sekadar 'ah, si ini pantas'," tuturnya.

Maman pun mengaku siap jika diminta sebagai Menag menggantikan Lukman. "Siap. Tidak ada yang tidak siaplah bagi seorang kader partai," tegasnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com