Pertamina Bersama Warga Bersihkan Pantai Sedari Karawang

Pertamina Bersama Warga Bersihkan Pantai Sedari Karawang

Muhammad Idris - detikNews
Sabtu, 20 Jul 2019 14:10 WIB
Foto: Pertamina
Foto: Pertamina
Karawang - Pertamina terus melakukan inisiatif penanganan peristiwa yang terjadi di sekitar anjungan Lepas Pantai YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (ONWJ). Pada Jumat (19/7/2019), Response Tim PHE ONWJ bersama puluhan warga Desa Sedari, Karawang, Jawa Barat melakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Sedari.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan, hingga saat ini Pertamina terus berupaya maksimal dalam menangani peristiwa tersebut, baik dari sisi lingkungan dan masyarakat.

"Pagi ini, Response Team dibantu 50 warga Desa Sedari melakukan kegiatan bersih-bersih pantai sebagai bentuk tanggung jawab kami terhadap masyarakat dan lingkungan," ujar Fajriyah dalam keterangannya, Sabtu (20/7/2019).


Sebelumnya, Pertamina telah mengirimkan tim tanggap darurat, pengerahan tim penanggulangan dilanjutkan dengan pengerahan sebanyak 7 tim ahli yang berasal dari berbagai sektor. Tim tersebut dilengkapi dengan lebih dari 20 kapal dan berbagai peralatan yang mendukung seperti oil boom dan drum dispersant.

Lokasi anjungan terletak sekitar 2 km dari pantai Utara Jawa, Karawang, Jawa Barat. PHE ONWJ telah mengaktifkan Incident Management Team (IMT) untuk menanggulangi kejadian tersebut.

Prioritas utama yang juga telah dilakukan adalah memastikan keselamatan karyawan yang bekerja sebagai bagian dari team emergency response, masyarakat dan lingkungan sekitar, dan memastikan isolasi serta pengamanan di sekitar lokasi kejadian.

(idr/ega)