detikNews
Sabtu 20 Juli 2019, 13:36 WIB

Amien Rais Komentari Kasus Novel Baswedan: Nggak Akan Tuntas Juga

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Amien Rais Komentari Kasus Novel Baswedan: Nggak Akan Tuntas Juga Amien Rais (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Amien Rais menyinggung penanganan kasus teror terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan. Amien menyebut banyaknya desakan untuk penuntasan kasus yang sudah 2 tahun lebih belum terungkap.

"Minggu ini kita dikagetkan ada tekanan dari masyarakat, dari media massa. Sudah 800 hari lebih siapa (pelaku) yang teror Novel Baswedan. Jadi saya kira ini menurut saya, itu jangan-jangan Allah memberikan tanda-tanda. Memang kita ini manusia biasa inginnya kan cepat. Tetapi kita harus bersabar," kata Amien Rais dalam sambutan acara 'Muhasabah dan Munajat untuk Negeri' di gedung Dakwah, Jl Kramat Raya, Jakpus, Sabtu (20/7/2019).

Amien Rais lantas berkomentar soal permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin kasus teror terhadap Novel Baswedan tuntas dalam waktu 3 bulan. Target ini diberikan kepada tim teknis Polri yang dibentuk untuk menindaklanjuti temuan Tim Pencari Fakta (TPF).

"Pak Jokowi mengatakan jangan 6 bulan, 3 bulan harus tuntas. Padahal nggak akan tuntas juga. Ini kan semakin kepercayaan rakyat akan semakin tipis," imbuh Amien Rais.

Amien Rais lantas juga mengutip pernyataan para aktivis LSM soal sulitnya pengungkapan kasus teror terhadap Novel Baswedan.

"Kemudian teman LSM mengatakan mengapa Novel Baswedan jadi korban sulit ditemukan siapa pelakunya? Karena dalangnya ada di dalam lingkaran kekuasaan," ujarnya.

"Jadi saya kira ini adalah hal menurut saya itu jangan-jangan Allah memberikan tanda-tanda. Memang kita ini manusia biasa inginnya kan cepat. Tetapi kita harus bersabar," kata Amien Rais.

Jokowi sebelumnya meminta Kapolri mengusut tuntas kasus Novel Baswedan dalam waktu 3 bulan. Dia juga menegaskan kasus penyiraman air keras ini diserahkan sepenuhnya ke Kapolri.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada TPF (Tim Pencari Fakta) sudah sampaikan hasilnya dan hasil itu mesti ditindaklanjuti oleh tim teknis untuk menyasar dugaan-dugaan yang ada. Oleh sebab itu, kalau Kapolri sampaikan meminta waktu 6 bulan, saya sampaikan 3 bulan tim teknis harus bisa menyelesaikan apa yang kemarin diselesaikan," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jumat (19/7).



Tonton video Tanggapi Hasil TPF Kasus Novel, Jokowi 'Kejar' Kapolri:

[Gambas:Video 20detik]




(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com