ADVERTISEMENT
detikNews
Sabtu 20 Juli 2019, 12:15 WIB

Keluarga Pastikan Wiko Sehat Sebelum MOS, Meninggal Usai Operasi

Raja Adil Siregar - detikNews
Keluarga Pastikan Wiko Sehat Sebelum MOS, Meninggal Usai Operasi Siswa SMA Taruna Indonesia di Palembang, Sumsel, Wiko Jeriyanda /Foto: Dok. Istimewa
Palembang - Siswa SMA Taruna Indonesia di Palembang, Sumsel, Wiko Jeriyanda (16) meninggal dunia setelah sempat kritis pasca-operasi. Keluarga menyebut Wiko masih sehat sebelum mengikuti masa orientasi siswa (MOS) di sekolah sampai akhirnya menjalani operasi usus.

"Kata orangtuanya, sebelum ikuti MOS anak ini sehat, tidak pernah mengalami sakit. Malahan untuk ikut sekolah ia tes kesehatan dan dinyatakan sehat karena memang nggak ada sakit," terang pengacara keluarga Wiko, Firli saat dimintai dikonfirmasi, Sabtu (20/7/2019).

Firli menyebut Wiko awalnya dirawat di rumah sakit Lebong Gajah, Palembang, karena usus tidak berfungsi baik. Wiko diantar pihak sekolah setelah kegiatan MOS selesai.




"Diantar sama sekolah, jadi keluarga ini diberi tahu anaknya ada di rumah sakit. Setelah dicek ternyata si Wiko ini harus segera operasi," kata Firli.

Dari hasil pemeriksaan, siswa baru SMA Taruna Indonesia ini disebut mengalami usus bocor atau terlilit. Bahkan ada juga luka lebam di tubuh korban yang diduga bekas kekerasan.

Setelah menjalani operasi di rumah sakit Karya Asih, Wiko kemudian kritis dan tak sadarkan diri. Dia akhirnya dirujuk ke RS Charitas Palembang dan meninggal dunia saat perawatan.




"Kondisi kesehatan menurun terus saat dirawat di ruang ICU, meninggal sekitar pukul 20.10 WIB tadi malam," katanya.

Keluarga Wiko kini berencana melaporkan pihak sekolah. Laporan ini untuk mengungkap misteri meninggalnya siswa baru di SMA Taruna Indonesia itu.

Selain adanya dugaan kekerasan yang menimpa Wiko, sebelumnya ada juga siswa bernama Delwyn Berli, meninggal dunia saat mengikuti MOS.

Terkait kasus itu, polisi menetapkan salah satu pembina di sekolah tersebut, Obbi, sebagai tersangka. Obbi dituding memukul kepala korban dengan bambu sebelum meninggal.



Tonton video Siswa SMA Taruna Mengeluh Pening Sebelum Meninggal:

[Gambas:Video 20detik]


(ras/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed