detikNews
Sabtu 20 Juli 2019, 11:43 WIB

Effendi Simbolon: PDIP Kondusif, Tak Ada Gejolak di Kepemimpinan Megawati

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Effendi Simbolon: PDIP Kondusif, Tak Ada Gejolak di Kepemimpinan Megawati Politikus PDIP Effendi Simbolon (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Politikus PDIP Effendi Simbolon mengatakan situasi politik di lingkup internal partainya berlangsung dinamis. Ia menyebut tak ada hiruk pikuk kepemimpinan di internal PDIP seperti yang terjadi di partai lain.

Hal tersebut disampaikan Effendi dalam diskusi bertajuk 'Ngebut Munas Parpol Jelang Kabinet Baru' di d'Consulate Resto & Lounge, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7/2019). Effendi lalu mengatakan kepemimpinan sang Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri, sangat kuat sampai saat ini.

"Kalau di kami ya kami sangat kondusif ya. Dan seluruh, sampai ke jajaran anak ranting itu nggak, puji Tuhan, alhamdulillah tidak ada gejolak di kepemimpinan Ibu (Megawati) sampai sekarang. Dan itu kita perkirakan sampai 5-10 tahun akan datang masih stabil seperti ini," ujar Effendi.

Effendi mengatakan seluruh jajaran PDIP dari pusat hingga tingkat ranting solid dan dinamis. Hal itu, menurutnya, disebabkan seluruh kader mematuhi aturan dalam partai.

"Karena kita mematuhi anggaran dasar, mukadimah partai, mematuhi platform partai, kemudian menyadari bahwa kita menjadi bagian dari kader partai yang juga sering ibu menyebut petugas partai. Ini yang membuat PDIP itu stabil ya," ungkapnya.

Menurut Effendi, semua kader PDIP akan mematuhi apa yang diputuskan Megawati sebagai pimpinan sentral partai. Meski PDIP identik dengan Megawati, Effendi menilai kaderisasi partai berlambang banteng moncong putih itu berjalan baik dengan munculnya kader-kader muda yang mempunyai kemampuan dan integritas.

"Oh iya (sami'na wa'atho'na dengan Megawati), karena PDIP itu identik dengan Ibu Megawati. Megawati itu ya PDIP. Itu memang sudah given, sudah pemberian dari Tuhan seperti itu. (Kaderisasi) buktinya sekarang banyak kader-kader muda yang punya integritas, kemampuan. Cukup bagus ya," jelas Effendi.


PDIP akan menggelar kongres pada Oktober 2019. Namun ia menyebut agenda kongres menyesuaikan dengan periode kekuasaan Eksekutif.

"Saya lihat nanti menyesuaikan waktunya. Selama ini kan periodisasi kita kan selalu setelah presiden dilantik ya. Teman-teman di partai lain akan menyesuaikan dengan tahun periode eksekutif. Kebetulan penguasa sekarang kan itu dari PDIP dan teman-temannya," pungkasnya.


Tonton video Ada Gagasan Pertemuan Jokowi-Prabowo-Mega, Apa Kata PDIP?:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com