detikNews
Sabtu 20 Juli 2019, 10:34 WIB

Dinas SDA DKI Sisir Gorong-gorong yang Mampet karena Kondom dan Kabel

Ray Jordan - detikNews
Dinas SDA DKI Sisir Gorong-gorong yang Mampet karena Kondom dan Kabel Sampah kondom menyumbat gorong-gorong Mega Kuningan. (Dok. PD Pal Jaya)
Jakarta - Saluran air di kawasan Jakarta Selatan jadi sorotan karena banyak ditemukan sampah kondom, pakaian dalam, hingga kabel. Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta akan turun tangan menyisir gorong-gorong di Jakarta untuk mencegah banjir.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini Yusuf sudah menerima informasi mengenai banyaknya sampah, dari kondom, pakaian dalam, hingga kabel di kawasan Jalan Denpasar Raya, Jakarta Selatan. Dia akan memerintahkan Suku Dinas SDA Jakarta Selatan menyisir gorong-gorong tersebut.

"Saya minta Satgas di Selatan cek lokasi. Karena selama ini ternyata mampet karena banyak sampah seperti itu," kata Juaini kepada detikcom, Sabtu (20/7/2019).


Juaini mengatakan penyisiran saluran air di kawasan tersebut sangat penting. Apalagi saat ini belum memasuki musim hujan, sehingga bisa untuk mencegah terjadinya banjir.

"Wilayah di sekitar lokasi penemuan sampah itu akan kita telusuri. Mumpung masih musim panas, jadi kita antisipasi banjir. Apalagi di dekat wilayah sekitar situ, seperti di Balai Kartini kalau hujan sebentar suka ada genangan, jadi nanti kita sisir," katanya.


Juaini juga mengimbau pihak bangunan, baik hotel, apartemen, tempat hiburan, maupun perkantoran, menjaga kebersihan lingkungan. Jangan sampai sampah-sampah dibuang ke saluran air.

"Di situ kan ada hotel, kafe, apartemen, kita harapkan mereka jaga kebersihan lingkungan. Biasanya mereka kan ada penampungan sampah, jadi pengelola juga harus aware di lingkungan mereka. Jangan sampai cari keuntungan tapi mengakibatkan kerugian bagi lingkungan sekitar," kata Juaini.

Diberitakan sebelumnya, awal mula penemuan sampah kondom itu berasal dari keluhan soal aliran limbah. Main hole di dekat Kedubes China meluap. Petugas PAL Jaya melakukan penelusuran untuk mencari penyumbat aliran limbah sejak 2 Juli 2019. Sumbernya ternyata di sekitar belakang Kedubes Malaysia.


Ternyata, gorong-gorong tersumbat banyak sampah plastik hingga 10 karung. Ternyata, di antara sampah plastik itu ada banyak kondom bekas.

"Sampah-sampah itu yang 10 karung memang bermacam-macam sampahnya. Ada celana dalam, baju, Pampers, termasuk kondom dan sebagainya. Kalau kondom sih banyak sekali," kata Dirut PD PAL Jaya Subekti saat dihubungi, Jumat (19/7).


Sampah itu diduga berasal dari hotel dan gedung-gedung di kawasan tersebut. "Ya ginilah, itu kan bukan rahasia. Hotel semua dan sebagiannya memang ya banyak sekali teman-teman di lapangan menjumpai," ucapnya.

Subekti memastikan asalnya dari perkantoran dan gedung di kawasan Mega Kuningan itu. "Iya sumbernya dari situ (perkantoran dan gedung). Mulai dari Mega Kuningan sana," tambahnya.



Tonton video Sampah di Gorong-gorong Mega Kuningan, Plastik hingga Kondom Bekas:

[Gambas:Video 20detik]


(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed