detikNews
2019/07/20 09:10:46 WIB

Round-Up

Kondom hingga Kabel, Masalah Jakarta di Bawah Tanah

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kondom hingga Kabel, Masalah Jakarta di Bawah Tanah Sampah kondom menyumbat gorong-gorong Mega Kuningan. (Dok. PD Pal Jaya)
Jakarta - Masalah di bawah tanah Jakarta muncul lagi. Kali ini, kondom, celana dalam, hingga kabel yang bikin masalah.

Awal mula penemuan sampah kondom itu berasal dari keluhan soal aliran limbah. Main hole di dekat Kedubes China meluap. Petugas PAL Jaya melakukan penelusuran untuk mencari penyumbat aliran limbah sejak 2 Juli 2019. Sumbernya ternyata di sekitar belakang Kedubes Malaysia.

Ternyata, gorong-gorong tersumbat banyak sampah plastik hingga 10 karung. Ternyata, di antara sampah plastik itu, ada banyak kondom bekas.

"Sampah-sampah itu yang 10 karung memang bermacam-macam sampahnya. Ada celana dalam, baju, Pampers, termasuk kondom dan sebagainya. Kalau kondom sih banyak sekali," kata Dirut PD PAL Jaya Subekti saat dihubungi, Jumat (19/7/2019).



Sampah itu diduga berasal dari hotel dan gedung-gedung di kawasan tersebut. "Ya ginilah, itu kan bukan rahasia. Hotel semua dan sebagiannya memang ya banyak sekali teman-teman di lapangan menjumpai," ucapnya.

Subekti memastikan asalnya dari perkantoran dan gedung di kawasan Mega Kuningan itu. "Iya sumbernya dari situ (perkantoran dan gedung). Mulai dari Mega Kuningan sana," tambahnya.

Kondom Hingga Kabel, Masalah Jakarta di Bawah TanahSampah kondom menyumbat gorong-gorong Mega Kuningan (Dok. PD Pal Jaya)


Selain sampah plastik, ada kabel yang ditemukan petugas PD PAL Jaya di gorong-gorong. Tak tanggung-tanggung, kabel itu panjangnya 35 meter.

"Kemarin ada sebenarnya kabel 35 meter," ungkap Subekti.


Kondom Hingga Kabel, Masalah Jakarta di Bawah TanahKabel menyumbat gorong-gorong Mega Kuningan. (Dok. PD Pal Jaya)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com