ADVERTISEMENT
detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 23:32 WIB

Pelaku Ganjal ATM Ditangkap di Pondok Gede, 2 Lainnya Diburu Polisi

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Pelaku Ganjal ATM Ditangkap di Pondok Gede, 2 Lainnya Diburu Polisi Ilustrasi ATM (Foto: Gettyimages - Uriel Sinai)
Jakarta - Polisi menangkap RH (36), pelaku spesialis ganjal mesin ATM yang kerap beraksi di wilayah DKI Jakarta. Dari aksinya, RH bersama dua rekannya mendapat uang sebesar Rp 53 juta.

"Pelaku ada 3 untuk melakukan pencurian uang dengan cara ganjal ATM dengan korek. Tersangka RH ini dia pintar saat dia melirik korban saat memasukkan PIN ATM," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/7/2019).


Polisi masih memburu dua orang lainnya. Kasus ini terjadi pada Rabu (25/6) di daerah Pondok Gede, Bekasi. Korban saat itu hendak mengambil uang, namun kartu ATM-nya 'tertelan'.

Saat kartu ATM korban tertelan, kedua tersangka yang saat ini berstatus DPO itu membantu mengeluarkan kartu ATM korban dan menukarkan kartu ATM korban dengan kartu ATM palsu milik tersangka.


Setelah berhasil mendapatkan kartu ATM korban, ketiga tersangka berpindah ke ATM lainnya untuk mengambil semua uang milik korban. Kepada polisi, tersangka mengaku sudah beraksi sebanyak 6 kali di sekitar Pondok Gede, Tebet, dan Pasar Grogol.

"Korban mengalami kerugian mencapai Rp 53 juta," kata Argo.

Unit 2 Subdit Resmob Dit Reskrimum Polda Metro Jaya akhirnya menangkap RH di kontrakannya di Pondok Gede, Kota Bekasi, pada Selasa (16/7). Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP. Tersangka terancam hukuman 7 tahun penjara.
(sam/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed