detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 21:32 WIB

Terima Penghargaan Provinsi Ramah Anak dari KPAI, Anies: Ini Jadi Pemacu

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Terima Penghargaan Provinsi Ramah Anak dari KPAI, Anies: Ini Jadi Pemacu Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Fida-detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerima penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Provinsi Peduli Anak dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Penghargaan diterima langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Penghargaan diberikan dalam acara 'Malam Anugerah KPAI' di MNC Tower, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019). Anies mengatakan akan terus melakukan upaya perlindungan anak melalui kebijakan yang sudah disusun sebagai program strategis daerah.

"Penghargaan ini bukan berarti selesai, justru pemacu bagi DKI mengembangkan. Secara khusus ada program pemuliaan perempuan dan anak dimasukkan sistem strategis daerah," kata Anies.


Anies menuturkan DKI Jakarta sudah membangun 19 pos pengaduan untuk perempuan dan anak. Pihaknya juga bekerja sama dengan Polda Metro Jaya menjaga keamanan melalui sambungan 112 yang terintegrasi dengan dinas-dinas di DKI Jakarta.

"Ada program strategis juga. Alhamdulillah pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak itu sudah berstandar ISO. Unit reaksi cepat dengan layanan 24 jam juga berjalan dengan baik," jelas Anies.


Anies menjelaskan perlindungan perempuan dan anak merupakan komitmen sejak dirinya menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dia berjanji untuk memperluas jangkauan program melalui aplikasi 'Jakarta Aman' yang bisa diunduh melalui sistem operasi Android.

"Kita akan perluas jangkauannya dan kita berharap masyarakat bisa mendownload Jakarta Aman. Apa saja bisa melaporkan," ujarnya.

Selain DKI Jakarta, penghargaan juga diberikan kepada kementerian, media, hingga mantan politikus yang dinilai berjasa untuk program perlindungan anak.
(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com