detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 20:53 WIB

Kata Keluarga Ihwal Jemari Wawan 'Game' yang Seolah Main Game

Isal Mawardi - detikNews
Kata Keluarga Ihwal Jemari Wawan Game yang Seolah Main Game Foto: Isal Mawardi/detikcom
Bekasi - Pihak keluarga angkat bicara soal Iwan Setiawan alias Wawan (32), pria dengan gangguan jiwa yang viral karena disebut kecanduan game. Keluarga menyebut jemari Wawan mulai bergerak seperti orang sedang main game sejak 5 tahun lalu.

"Lama juga itu, kira-kira 5 tahun dari mulai 'sakit', tangannya sudah mulai begitu," kata Encu, paman Wawan saat berbincang dengan detikcom, Jumat (19/7/2019).

Encu menepis bahwa Wawan mengalami gangguan jiwa akibat kecanduan game. Wawan memang pernah bermain game, tetapi masih dalam batas kewajaran.

"Kalau Iwan sih kecanduan game, nggak. Dulu sih nggak, nggak suka main game. Kemungkinan kalau di kampung sebelum ada HP, ada PS. Pernah main PS cuma gak lama," terang Encu.

Encu menceritakan, sebelum mengalami gangguan jiwa, Wawan sempat bekerja di sebuah konveksi di Bandung. Wawan mulai mengalami gangguan jiwa sejak 15 tahun lalu.

"Cuma habis kerja dari Bandung, keluar dari konveksi sih iya dia langsung sakit langsung marah-marah. Nggak tahu (sebabnya) itu saya nggak ngerti. Terus dibawa sama orang yang bisa ya, orang pinter gitu ya. Katanya dia itu ngilmu gitu," ujar Encu

Kala itu, kata Encu, Wawan sering mengamuk seperti orang kesurupan. Wawan disebut suka berlarian ke sana-kemari.

Sementara jemari Wawan terus bergerak sejak 5 tahun belakangan ini. Encu juga tidak mengetahui apa yang membuat jemari Wawan terus bergerak seperti sedang bermain game di handphone.



"Ya nggak tahu, maka dari itu saya juga nggak ngerti. Tangannya suka gitu, mainin tangan terus," ujar Encu.

Encu juga telah mengirim Wawan ke berbagai rumah sakit jiwa. Namun, tak ada hasil.

"Orang tuanya udah pada nggak ada, ya meninggal semua masih pada muda-muda karena mikirin penyakitnya si Iwan gitu," ujar Encu.

Karena sering berontak, Encu memasung Wawan. Encu memasungnya selama 6 tahun sejak Wawan diketahui mengalami gangguan jiwa.

"Iya (dipasung). Kalau kita orang pintar jangan di-satu-rumahkan, harus dipisah. Ya dipisah di belakang rumah. Dibikin kamar sendiri gitu," ujar Encu.

Saat ini Wawan dirawat di Yayasan Jamrud Biru di Bekasi. Encu berharap kondisi mental Wawan bisa sembuh seperti sedia kala.

"Respon saya ya gimana ya. Saya bingung juga ya responnya ya pengennya si Iwan cepat sembuh ya, kasihan gitu," ujar Encu.






Tonton Video Menengok Wawan, Penderita Gangguan Jiwa Akibat Kecanduan Game:

[Gambas:Video 20detik]


(isa/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed