detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 19:31 WIB

PAN: Apa Pun Keputusan Politik Gerindra, Kami Tetap Kerja Sama

Rolando - detikNews
PAN: Apa Pun Keputusan Politik Gerindra, Kami Tetap Kerja Sama Sekjen PAN Eddy Soeparno (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Partai Gerinda telah melaksanakan rapat internal di rumah sang Ketua Umum (Ketum) Prabowo Subianto. PAN, yang dalam gelaran Pilpres 2019 berkoalisi dengan Gerindra, menghormati segala keputusan politik partai berlambang burung garuda tersebut.

"Kami berharap Gerindra dapat memberikan hasil rapat itu dan bisa memberikan hasil optimal bagi Gerindra. Saya ucapkan selamat bagi Gerindra jika memang itu hasil optimal bisa lahir dari pertemuan tersebut. Ke depan, apa pun yang diambil keputusannya oleh Gerindra untuk menentukan sikap arah politik mereka, akan kita hormati," ujar Sekjen PAN Eddy Soeparno kepada wartawan di kantor Para Syndicate, Jalan Wijaya 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).


Eddy menyebut PAN tetap ingin menjalin kerja sama dengan Gerindra. Sebab, PAN merasa telah menjalin koalisi yang baik selama gelaran Pilpres 2019.

"Kami karena sudah pernah menjalin koalisi 10 bulan mengusung Pak Prabowo dan Pak Sandi. Kami punya kerja sama sangat baik dengan Gerindra dan ke depannya berharap kerja sama juga di parlemen maupun agenda politik yang akan datang, misalnya pilkada serentak dan lain-lain," kata Eddy.

Jika Gerindra memutuskan bergabung dengan koalisi pemerintah, Eddy mengatakan PAN tetap menghormati keputusan itu. Eddy menilai segala keputusan yang diambil merupakan yang terbaik untuk Gerindra.


"Kita tetap menghormati opsi yang akan diambil Gerindra kelak. Saya rasa apa yang akan diputuskan Gerindra itu merupakan hasil yang akan berdampak positif bagi Gerindra untuk perjalanan politik ke depan," ucapnya.

"Tapi, apa pun bentuk dari keputusan yang akan mereka ambil, kami akan hormati dan kami tetap akan bekerja sama dengan baik Gerindra dan partai politik lainnya," sambung Eddy.

Sebelumnya, Partai Gerindra mengadakan rapat Dewan Pembina yang dipimpin langsung Prabowo Subianto. Salah satu poin pembahasan adalah evaluasi kelembagaan partai yang disebut berjumlah besar.

"Rapat juga menyetujui merekomendasi untuk dilakukannya konsolidasi partai secara menyeluruh, baik di tingkat legislatif, kader, dan struktur partai. Di tingkat legislatif, kita akan lakukan berbagai macam upgrading dan pertemuan bagi peningkatan mutu dan kualitas anggota Dewan agar dia memahami apa dan bagaimana fungsi Dewan dilaksanakan dengan baik," kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/7).




Tonton Video Amien Rais Beri Kesempatan Jokowi, Waketum PAN: Sikap Negarawan:

[Gambas:Video 20detik]


(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com