detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 18:42 WIB

Warga Jateng Bisa Bayar Pajak Kendaraan Via E-Samsat di Tokopedia

Akfa Nasrulhak - detikNews
Warga Jateng Bisa Bayar Pajak Kendaraan Via E-Samsat di Tokopedia Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta - Masyarakat Jawa Tengah kini bisa membayar pajak kendaraan melalui Tokopedia E-Samsat. Layanan pembayaran pajak online ini merupakan kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Tokopedia.

Jawa Tengah adalah provinsi kedua yang bekerja sama dengan Tokopedia setelah Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada awal tahun ini. Menurut Co-Founder sekaligus Vice Chairman Tokopedia, Leontiunus Alpha Edison, layanan Tokopedia E-Samsat mendapat respon tinggi masyarakat.

"Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia sejak awal berdiri memiliki misi untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital. Kami sangat mendukung penerimaan pajak negara, salah satunya dengan menyediakan Tokopedia E-Samsat. Sejak diluncurkan, kami mencatat terdapat kenaikan jumlah pengguna Tokopedia E-Samsat secara signifikan," ujar Leontiunus, dalam keterangan tertulis, Jumat (19/7/2019).

"Tokopedia ingin lebih banyak lagi masyarakat yang bisa merasakan kemudahan membayar pajak kendaraan bermotor secara online, maka kali ini Tokopedia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk merealisasikannya," imbuhnya.


Leontiunus menambahkan, dengan kehadiran pilihan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online di Tokopedia, masyarakat bisa menikmati layanan publik dengan lebih cepat dan nyaman. Menurutnya, ke depan, Tokopedia juga ingin bekerja sama dengan lebih banyak pemerintah daerah untuk menghadirkan layanan e-samsat bagi seluruh masyarakat.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan prinsip dalam melayani masyarakat ada tiga, yakni mudah, murah, dan cepat. Tiga hal itu terdapat dalam layanan Tokopedia E-Samsat.

"Kami berharap kesadaran masyarakat dalam pembayaran pajak semakin baik karena saat ini sudah bisa bayar pajak dengan lebih mudah, di mana saja dan kapan saja," ujar Ganjar.

Melalui Tokopedia E-Samsat, lanjut Ganjar, pengguna dapat memotong dua jalur antrean yaitu proses registrasi kelengkapan dokumen dan pembayaran. Proses layanan pembayaran pajak kendaraan menjadi lebih cepat dan nyaman karena kedua proses tersebut bisa dilakukan dalam hitungan menit dari lokasi manapun melalui ponsel mereka.


Pengguna tidak perlu lagi pergi meninggalkan tempat hanya untuk mengantre pendaftaran dan repot-repot membawa dokumen seperti KTP, STNK, dan BPKB, serta uang tunai sebagai satu-satunya pilihan opsi pembayaran.

Sebagai informasi, proses pembayaran pajak kendaraan melalui Tokopedia E-Samsat pun cukup mudah. Pengguna hanya perlu mendapatkan kode bayar melalui aplikasi SAKPOLE dan melanjutkan pembayaran melalui website atau aplikasi Tokopedia.

Saat ini, Tokopedia menawarkan lebih dari 50 pilihan opsi pembayaran dan 100 ribu titik pembayaran di seluruh Indonesia. Hal itu untuk memudahkan pengguna memilih jenis pembayaran yang diinginkan, termasuk pembayaran menggunakan kartu kredit yang juga memberikan pilihan cicilan 0%.




Tonton Video Hendropriyono: Teriak Tak Mau Bayar Pajak Itu Kudeta Sipil:

[Gambas:Video 20detik]


(prf/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com