detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 18:38 WIB

PSI Lapor Human Trafficking ke Jokowi, Menlu: 8 WNI Sudah Dipulangkan

Andhika Prasetia - detikNews
PSI Lapor Human Trafficking ke Jokowi, Menlu: 8 WNI Sudah Dipulangkan Menlu Retno LP Marsudi (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Salah satu tujuan sejumlah pengurus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah melaporkan kasus perdagangan manusia (human trafficking) yang dialami WNI di China. Terkait kasus tersebut, Menlu Retno LP Marsudi menyebut 8 WNI yang menjadi korban sudah dipulangkan ke Tanah Air.

"Jadi sekarang yang ada di KBRI adalah 15 orang. Delapan orang sudah kembali, terakhir ada 2, dan menurut info yang kita peroleh laporan dari dubes kita, 3 juga akan segera kembali. Tapi akan push agar prosesnya jadi lebih cepat," ujar Menlu Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019).


Retno mengatakan bahwa pagi ini sudah bertemu dengan Dubes China di RI untuk menindaklanjuti laporan adanya human trafficking. Pemerintah RI sudah mengumpulkan data soal dugaan human trafficking.

"Dari Indonesia, setelah kita mencoba mengumpulkan semua data yang ada, maka, pantas ada dugaan bahwa ini melibatkan kegiatan trafficking yang tentunya ilegal. Sekali lagi ini dugaan, perlu pendalaman, tapi sudah ada beberapa bukti yang menguatkan dugaan tersebut," jelas Retno.

Sebelumnya, PSI mengatakan laporan mereka ditanggapi baik oleh Jokowi. Bahkan Jokowi langsung menghubungi Menlu Retno terkait persoalan tersebut.


PSI mengatakan korban human trafficking tersebut banyak yang berasal dari Jawa Barat. Ada yang sudah satu tahun tertahan di China.

"Sekarang mereka di KBRI Beijing, tapi mereka nggak bisa pulang. Kami pernah buat konpers di kantor dengan video call, waktu itu ketika mereka curi-curi waktu. Jadi mereka ditipu, mau dapat pekerjaan, nggak tahunya begitu sampai di sana mereka dikawini, diperlakukan, dipaksa berhubungan yang tidak normal, dan kaya tahanan, dikasih makan lewat jendela, dan sebagainya. Itu sudah setahun mandek," ujar Ketua Umum PSI Grace Natalie setelah bertemu dengan Jokowi Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/7).




Tonton Video 193 WNA Korban Human Trafficking Diamankan Polisi:

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com