detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 17:13 WIB

Jadi Oposisi atau Masuk Koalisi? Demokrat: Kami Siap Posisi Apa Pun

Rolando - detikNews
Jadi Oposisi atau Masuk Koalisi? Demokrat: Kami Siap Posisi Apa Pun Wasekjen Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin (paling kiri). (Rolando/detikcom)
Jakarta - Wasekjen Partai Demokrat (PD) Didi Irawadi Syamsuddin mengungkapkan alasan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Didi menyebut pertemuan AHY dengan Jokowi dilakukan karena diajak meredakan situasi.

"Sikap Partai Demokrat jelas dalam menjaga persatuan kesatuan. Jadi Demokrat ambil sikap apa menjaga persatuan. Bukan manuver, tapi menjaga komunikasi antara AHY dengan Pak Jokowi," ujar Didi saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk 'Periode ke-2 Jokowi: Merangkai Gerbong Pendukung vs Menata Barisan Oposisi' di kantor Para Syndicate, Jalan Wijaya 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).




"Ketika Demokrat diajak untuk meredakan situasi, jadi ketika pertemuan beberapa kali diundang, maka kita sambut baik," imbuhnya

Didi menegaskan, dalam pertemuan AHY dengan Jokowi, tidak ada pembahasan kursi menteri untuk PD. Menurutnya, urusan kursi menteri masih terlalu dini untuk dibahas.

"Jadi jangan setelah pileg dan pilpres jadi rusak. Itulah langkah yang dilakukan Mas AHY. Jadi tidak ada sama sekali manuver, bicara kursi menteri, masih jauh banget, bulan Oktober," jelasnya.

Didi menyebut PD siap dalam posisi apa pun, baik di dalam maupun di luar pemerintahan. Namun, kalaupun ada di dalam pemerintahan, dia memastikan PD tidak meminta-minta jatah menteri.




"Jadi kita tidak ke sana. Yang pasti PD pascapemilu siap posisi apa pun. Saya pribadi dalam pidato Jokowi yang di dalam atau di luar, posisi di luar pemerintahan sangat bagus untuk check and balances. Tapi kita lihat juga keputusan partai ke depan. Yang pasti, jabatan apa pun kita tidak minta-minta. Ada harga diri dan gengsi yang harus dicocokkan program visi-misi PD," papar Didi.

Nama AHY memang dinilai pantas masuk kabinet Jokowi periode kedua, terlebih Jokowi disebut tengah mencari sosok muda untuk dijadikan menteri. Namun Jokowi sebelumnya mengaku belum membahas kriteria menteri muda tersebut.

"Belum, belum," kata Jokowi di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (19/7). Jokowi menjawab pertanyaan apakah sudah membahas kriteria menteri muda.





Tonton Video Sekjen PD Sebut SBY Sudah Bisa Bicara soal Politik:

[Gambas:Video 20detik]


(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com