detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 17:02 WIB

Imigrasi Data Jumlah Pencari Suaka di Kalideres

Elmy Tasya Khairally - detikNews
Imigrasi Data Jumlah Pencari Suaka di Kalideres Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) DKI Jakarta mendata jumlah pencari suaka di gedung eks Kodim, Jakarta Barat. (Elmy Tasya Khairally/detikcom)
Jakarta - Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) DKI Jakarta mendata jumlah pencari suaka di gedung eks Kodim, Jakarta Barat. Rudenim ingin memastikan jumlah pengungsi yang berada di penampungan itu agar tidak simpang-siur.

Pendataan dilakukan di gedung eks Kodim 0503/JB, Jalan Bedugul, Kalideres, Jakarta Barat, Jumat, (19/07/2019). Para pengungsi mengantre dengan tertib untuk didata.

"Kalau kami mengawasi orang, kan kami harus tahu berapa yang ada di sini. Yang tidak seperti setiap hari katanya jumlahnya 1.100, waktu pertama 1.150, 800," kata Kepala Rudenim DKI Jakarta Morina Harahap di lokasi.


Morina mengatakan pihaknya setiap hari datang untuk menyemangati para pengungsi. Selain itu, mereka mengingatkan untuk selalu mematuhi peraturan yang ada.

"Kami datang melihat sama mereka, berdialog. Kami selalu memberi semangat, sabar. Jangan tidak memenuhi apa yang sudah diberlakukan," kata Morina.

Imigrasi mendata dengan rinci berapa pengungsi yang ada di gedung eks Kodim itu. Semua data dilakukan satu per satu.

"Kalau nggak ada data yang jelas, jadi ini satu per satu saya data kembali. Tidak ada pakai dititip dan sebagainya. Saya satu per satu. Kami data semua," jelas Morina.


Nantinya, Imigrasi akan mengklasifikasi siapa pengungsi yang lebih membutuhkan bantuan. Morina mengungkapkan akan membahas hal itu saat rapat penanganan pengungsi.

"Nanti kita kan ada rapat bersama dalam penanganan pengungsi, yang penting saya selaku pengawas saya sudah menjalankan tugas saya," kata Morina.




Tonton Video Dipindahkan dari Kebon Sirih, Pencari Suaka: Kami Senang:

[Gambas:Video 20detik]


(idh/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com