detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 15:13 WIB

Partai Golkar Serahkan LHKPN 85 Caleg DPR Terpilih ke KPU

Dwi Andayani - detikNews
Partai Golkar Serahkan LHKPN 85 Caleg DPR Terpilih ke KPU Golkar menyerahkan LHKPN 85 caleg terpilih ke KPU. (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Partai Golkar mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kedatangan Partai Golkar untuk menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) calon anggota legislatif DPR.

Pantauan detikcom, di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019), penyerahan ini dilakukan oleh Sekjen DPP Golkar Lodewijk Freidrich Paulus. Dia diterima langsung Ketua KPU Arief Budiman, yang didampingi komisioner KPU Hasyim Asyari, Ilham Saputra, dan Pramono Ubaid Tanthowi.

Arief mengatakan kedatangan Partai Golkar ini sebelumnya telah dijadwalkan. Disebutkan Partai Golkar menyerahkan tanda terima LHKPN dari 85 caleg yang berpotensi terpilih.

"Sebagaimana surat yang dikirimkan oleh Partai Golkar pada KPU, siang ini dijadwalkan akan menyerahkan tanda terima LHKPN dari 85 potensi caleg terpilihnya," kata Arief.


Arief menyebut penyerahan LHKPN ini sebenarnya dijadwalkan 7 hari setelah penetapan calon terpilih. Namun, menurutnya, penyerahan lebih awal dapat mempermudah KPU dalam mengurus dokumen administrasi.

"KPU tentu menyambut positif inisiatif ini, walaupun di dalam peraturan KPU dinyatakan, setelah dinyatakan terpilih baru kemudian 7 hari kemudian baru (LHKPN) diserahkan," kata Arief.

"Dengan diserahkan lebih awal, tentu akan memudahkan KPU untuk segera merapikan dokumen administratif. Nanti memproses pengusulan pelantikan caleg-caleg yang telah dinyatakan terpilih. Mudah-mudahan ini jadi pendorong bagi yang lain dan KPU sangat apresiasi," sambungnya.


Pada kesempatan yang sama, Lodewijk menyatakan para kadernya menyampaikan LHKPN secara kolektif kepada DPP sehingga pihaknyalah yang menyampaikan langsung kepada KPU.

"Kebetulan kami ada 85 orang, alhamdulillah mereka dengan kesadaran yang tinggi telah melaporkan dan secara kolektif menyampaikan pada kami. Sehingga hari ini, insyaallah kami akan serahkan pada Ketua KPU untuk digunakan sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Lodewijk.


Menurutnya, penyerahan lebih awal ini sebagai bentuk komitmen partainya dalam mengusung 'Golkar bersih'. Dia berharap, dengan penyerahan LHKPN, partai-partai lain dapat ikut segera menyerahkannya.

"Itu juga sesuai dengan komitmen Partai Golkar bahwa kami tetap mengusung Partai Golkar yang bersih walaupun itu bukan jargon kami, hanya kampanye. Tapi itu akan terus kami gaungkan, kepada anggota DPR RI terpilih. Golkar ini yang pertama, mudah-mudahan juga bisa merangsang yang lain segera (menyerahkan)," tuturnya.

Simak Video "Turki Hentikan Serangan ke Suriah, AS Cabut Sanksi Ankara"
[Gambas:Video 20detik]

(dwia/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com