detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 14:55 WIB

Sampah Kondom hingga Celana Dalam Sumbat Gorong-gorong Mega Kuningan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sampah Kondom hingga Celana Dalam Sumbat Gorong-gorong Mega Kuningan Ilustrasi Jakarta (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - PD Pengelolaan Air Limbah (PAL) Jaya menemukan banyak sampah berupa kondom hingga celana dalam menyumbat gorong-gorong di Mega Kuningan, Jakarta Selatan. PD PAL Jaya membersihkan sampah tersebut sejak beberapa hari lalu.

"Yang banyak itu kan pembalut pantyliner, celana dalam, dimasukkan ke WC, langsung di-flush di situ. Terus ya termasuk kondom, celana dalam. Bahkan botol plastik banyak sekali," kata Dirut PD PAL Jaya Subekti saat dihubungi, Jumat (19/7/2019).



Subekti mengatakan awalnya mendapat laporan mengenai saluran tersumbat di dekat Kedubes China. Saat ditelusuri, sumber sampah berada di sekitar belakang Kedubes Malaysia.

"Kita telusur, mana yang menyumbat dan sebagainya. Sejak tanggal 2 Juli kemarin. Akhirnya ditemukanlah di belakang kedutaan Malaysia," sebut Subekti.

Subekti menyebutkan pengangkutan sampah masih tetap berlangsung hingga hari ini. Pihaknya akan melanjutkan pembersihan pada Sabtu (20/7).

"Sekarang belum sempurna lancar, penanganan Sabtu besok kan gedung-gedung tinggi banyak yang libur. Sehingga limbahnya sedikit. Sehingga teman-teman kami akan kerja," ucapnya.



Selain itu, Subekti menemukan kabel sepanjang 35 meter. Total sampah yang ditemukan hingga 10 karung.

"(Kabel) masih 35 meter. Besok masih ada lagi nggak tahu. Saat ini sih ditemukan 35 meter, ada sampah-sampah yang 10 karung itu," sebutnya.

Video sampah yang dibersihkan dari gorong-gorong Mega Kuningan bisa disaksikan di bawah.

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com