detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 13:52 WIB

Dewan Pembina Gerindra Sepakat Serahkan Keputusan Koalisi ke Prabowo

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Dewan Pembina Gerindra Sepakat Serahkan Keputusan Koalisi ke Prabowo Jokowi dan Prabowo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Rapat Dewan Pembina Partai Gerindra yang dipimpin langsung sang ketua, Prabowo Subianto, turut menyinggung arah politik partai untuk 5 tahun ke depan. Dewan Pembina Gerindra menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada Prabowo.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut rapat di kediaman Prabowo dihadiri 65-70 anggota Dewan Pembina Partai Gerindra. Muzani menegaskan Dewan Pembina Gerindra menyerahkan kepada Prabowo soal peluang masuk ke pemerintahan Jokowi.


"Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga kita ditambah dengan pembicaraan tadi sudah menjelaskan bahwa semuanya menjadi kewenangan Ketua Dewan Pembina. Hari ini rapat memberikan penguatan kepada beliau bahwa kita mempercayakan semuanya kepada beliau," jelas Muzani.

Dewan Pembina Gerindra memandang segenap kekuatan partai harus menguatkan soliditas internal untuk menyongsong 5 tahun ke depan. Apa pun posisi Gerindra yang bakal diputuskan Prabowo, Muzani menyebut perjuangan tetaplah berat.

"Sekali lagi, secara eksplisit berkaitan dengan hubungan kita dengan pemerintahan tidak dibahas secara panjang-lebar tetapi itu bagian dari yang kita bicarakan karena kita sepenuhnya menyerahkan kepada Pak Prabowo," tegas Muzani.


Muzani tak menampik jika dikatakan ada perbedaan pandangan dalam proses penentuan sikap politik Gerindra. Namun, ketika Prabowo sudah memutuskan, semuanya harus patuh pada keputusan itu.

"Nggak, di Gerindra tidak mengenal tradisi itu. Kalau dalam proses begitu biasanya. Begitu sudah diambil keputusan (sama Prabowo), sami'na waato'na: saya dengar dan kami taat," tegas Wakil Ketua MPR itu.

Simak Video "Prabowo-Surya Paloh Bertemu Bikin Sejumlah Kesepakatan"
[Gambas:Video 20detik]

(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com