detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 10:38 WIB

Panti PSM Bantah Wawan 'Game' Gangguan Jiwa karena Game

Isal Mawardi - detikNews
Panti PSM Bantah Wawan Game Gangguan Jiwa karena Game Foto: Isal Mawardi/detikcom
Bekasi - Pengidap gangguan jiwa Iwan Setiawan alias Wawan viral di media sosial karena mengalami gangguan jiwa yang disebut-sebut akibat kecanduan game. Namun hal ini dibantah oleh pekerja sosial masyarakat (PSM) Gerak Cepat Bersama, yang pernah merawat Wawan pada 2016.

Perawat Wawan dari PSM Gerak Cepat Bersama, Sri Pujiawati, mengatakan Wawan memang mengalami skizofrenia, tetapi bukan karena kecanduan game.

"Dia kena skizofrenia karena kedua orang tuanya meninggal. Dia jadi punya tingkat kecemasan yang tinggi, makanya tangannya seperti itu. Dia nggak kecanduan game," kata Sri, Jumat (19/7/2019).

Sri menyebut mendampingi Wawan sejak 2016. Sepengetahuannya, gangguan jiwa yang dialami Wawan bukan karena main game.

"Sebenarnya Iwan (Wawan) bukan sakit karena game online. Saya dampingi Iwan dari 2016," imbuh Sri.

Ia menambahkan, Wawan diamankan dari Tasikmalaya belasan tahun lalu. Wawan juga sempat beberapa kali dibawa ke RS Cisarua.



"Sama Ibu dibebaskan bawa ke RS Jiwa Cisarua, beberapa kali dirawat, pulang rawat inap ke rumah, karena Iwan sudah nggak punya orang tua karena dia sering ngamuk," lanjutnya.

Karena beberapa kendala, Wawan kemudian dititipkan oleh PSM ke Yayasan Jamrud Biru.

"Saya koordinasi sama Jamrud, minimal dia bisa sosialisasi sama temannya di Jamrud Biru. Alhamdulillah keadaannya membaik, fisiknya juga. Tadinya dia malnutrisi," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan Wawan mengalami gangguan jiwa karena game. Hal ini diungkapkan oleh Hartono, pendiri Yayasan Jamrud Biru.

"Iya gangguan jiwa karena game, kecanduan main game. Pertama dia dianter sama PSM melalui Dinas Sosial Prov Jabar, dibawa ke Yayasan Jamrud. Saya ditelepon juga sama orang Dinsos, 'Pak Hartono saya titip pasien nih atas nama Wawan (Iwan) Setiawan'," ujar Hartono saat ditemui di Yayasan Jamrud Biru di Jalan Asem Sari II, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Kamis (18/7/2019).



Simak Video "Menengok Wawan, Penderita Gangguan Jiwa Akibat Kecanduan Game "
[Gambas:Video 20detik]

(mei/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com