detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 09:58 WIB

Bawa Senjata Lengkap, Brimob Telusuri Lagi Lokasi Bentrok di Mesuji

Matius Alfons - detikNews
Bawa Senjata Lengkap, Brimob Telusuri Lagi Lokasi Bentrok di Mesuji Brimob telusuri lokasi bentrok di Mesuji (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Mesuji - Polisi menelusuri lokasi kejadian pascabentrokan antarwarga di Mesuji, Lampung. Mereka juga sempat berkeliling ke lokasi yang diduga tempat rapat kelompok tani Mekar Jaya Abadi.

Pantauan detikcom di Mesuji Register 45, Lampung, Jumat (19/7/2019), pukul 08.30 WIB terlihat petugas Brimob masih siaga di sekitar lokasi kejadian perkara. Selanjutnya, terlihat satu bus berisikan beberapa anggota Brimob keluar menuju Jalan Lintas Sumatera.


Beberapa saat kemudian ada dua anggota Brimob bersenjata lengkap berkeliling menelusuri sekitar lokasi kejadian perkara. Dua anggota Brimob tersebut sempat menunjukkan lokasi rapat kelompok tani Mekar Jaya Abadi sebelum bentrok dengan kelompok tani Mesuji Raya.

Lokasi rapat anggota kelompok tani Mekar Jaya AbadiLokasi rapat anggota kelompok tani Mekar Jaya Abadi (Foto: Matius Alfons/detikcom)

"Di sini lokasi rapat sebelum bentrok kemarin," ucap salah satu anggota Brimob.


Lokasi rapat tersebut merupakan sebuah bangunan dari kayu. Terlihat seperti ada papan putih bertuliskan nama-nama untuk pemilihan ketua kelompok tani.

Selain itu, terlihat ada sebuah keranda jenazah diletakkan di langit-langit bangunan. Suasana lokasi rapat seperti terbengkalai.

Kondisi di dalam bangunan rapatKondisi di dalam bangunan rapat (Foto: Matius Alfons/detikcom)


Selanjutnya pukul 08.50 WIB seorang anggota Brimob menunjukkan lokasi kejadian bentrokan dua kelompok tani. Ia sempat memastikan lokasi bentrok ke seorang warga.

"TKP-nya pundi? Oh sebelah kae, yoh? Sing ada singkong e? (TKP-nya di mana? Oh sebelah sana, ya? Yang ada singkongnya ya?)" tanya anggota Brimob kepada seorang warga yang melintas.

"Iya itu," jawab warga sambil menunjuk.


Salah satu sudut lokasi bentrokanSalah satu sudut lokasi bentrokan (Foto: Matius Alfons/detikcom)

Ketika tiba di lokasi bentrokan, terlihat suasana di lokasi sepi dan mencekam. Selain itu, terlihat masih ada bekas ceceran dan gumpalan darah yang sudah ditutup daun singkong. Lokasi kejadian berjarak 200 meter dari posko pengamanan Brimob.

Bentrokan antara warga Mekar Jaya Abadi dan Mesuji Raya ini terjadi pada Rabu (17/7) siang, sekitar pukul 14.00 WIB. Kedua kelompok sama-sama mengklaim berhak atas pengolahan lahan Register 45. Akibatnya, 3 orang tewas, dan 10 orang mengalami luka-luka.

Simak Video "Jejak Kekerasan Masih Terlihat di Mesuji"
[Gambas:Video 20detik]

(maa/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com