detikNews
2019/07/19 08:26:22 WIB

Round-Up

Evi Tampil di MK Menyanggah Isu Foto Rekayasa Muka

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 2
Evi Tampil di MK Menyanggah Isu Foto Rekayasa Muka Evi Apita Maya menghadiri sidang MK, 18 Juli 2019. (Ibnu Hariyanto/detikcom)


Evi menyiapkan jawaban untuk gugatan tersebut. Dia menyiapkan 40 halaman jawaban dan 18 bukti.

Dalam persidangan, KPU menilai gugatan Farouk yang mempersoalkan foto bukan kewenangan MK. Menurut KPU, dalil permohonan Farouk merupakan pelanggaran administrasi.

"Dalam kewenangan Mahkamah Konstitusi, dalil pemohon mengenai dasar kewenangan Mahkamah Konstitusi memeriksa dan mengadili permohonan pemohon bertentangan dengan dalil yang disampaikan dalam pokok permohonan pemohon karena dalil yang disampaikan pokok permohonan adalah dugaan pelanggaran administrasi dan pelanggaran proses pemilu dan bukan hasil perselisihan hasil pemilu," kata kuasa hukum KPU membacakan eksepsi di persidangan sengketa Pileg 2019 di MK.



Rio mengatakan MK hanya berwenang mengadili permasalahan perselisihan hasil pemilu. Hal tersebut diatur dalam Pasal 10 angka (1) huruf d juncto Pasal 75 UU Mahkamah Konstitusi.

Di persidangan itu pula, Rio mengatakan KPU menolak dalil Farouk yang mempermasalahkan foto surat suara Evi yang dinilai diedit secara berlebihan. Rio menjelaskan, KPU sebagai penyelenggara pemilu sudah melakukan tahapan-tahapan proses pemilu sesuai dengan UU, salah satunya melakukan validasi dan meminta masukan masyarakat mengenai calon DPD RI.

"Setelah melaksanakan validasi calon sementara, KPU NTB membuat pengumuman untuk mendapatkan masukan dan tanggapan masyarakat terhadap calon DPD. Hasilnya tidak ada masukan dan tanggapan yang masuk ke NTB, apalagi terkait foto nomor urut 26 (Evi Apita Maya)," jelasnya.


(idn/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com