detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 00:02 WIB

Terima Gelar Kehormatan dari Dayak Kaltim, BTP Diteriaki 'Ahok Presiden'

Tim detikcom - detikNews
Terima Gelar Kehormatan dari Dayak Kaltim, BTP Diteriaki Ahok Presiden Ahok saat mendapat gelar kehormatan dari masyarakat Dayak Kaltim. (YouTube Panggil Saya BTP)
Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok mendapatkan gelar kehormatan dari masyarakat Dayak. Dalam kesempatan itu, kehadiran Ahok disambut meriah warga.

Ahok berkunjung ke Samarinda, Kalimantan Timur, didampingi Puput Nastiti Devi. Keduanya tiba di Samarinda pada Jumat (12/7/2019). Momen awal kedatangan ini diunggah di kanal YouTube Panggil Saya BTP dengan judul 'BTPVLOG #12 - MENJADI BAGIAN DARI KELUARGA SUKU DAYAK'.

Begitu tiba di Samarinda, Ahok dan Puput mendatangi Desa Budaya Pampang, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda, Kaltim. Kehadiran keduanya disambut para tokoh masyarakat yang mengenakan pakaian adat.


Seorang tokoh adat menyambut Ahok menggunakan bahasa lokal. Tokoh adat berharap Ahok beserta keluarga dan masyarakat Dayak terus diberi kesehatan.

"Harapan kami Bapak Ahok sekeluarga, demikian juga masyarakat Dayak di sini, mendapatkan kesehatan berkat selalu dari Yang Maha Kuasa. Dan itu kita harapkan seterus-seterusnya," ucap tokoh adat yang lain menggunakan bahasa Indonesia.

Setelah itu, Ahok dan Puput diberi gelang, kalung, dan topi bermotif etnik.

"Tangannya kebesaran he-he-he," kata Ahok saat tangannya dipasangi gelang.


Selanjutnya, Ahok dan Puput berpindah ke sebuah ruangan. Di sana, masyarakat kembali menyambut keduanya. Tarian adat ditampilkan di awal acara.

Salah seorang tokoh adat, dalam sambutannya, mengatakan para orang tua di Desa Pampang banyak yang ingin bertemu dengan Ahok. Masyarakat Pampang juga senang atas kehadiran Ahok.

"Jadi pada hari ini warga Kelurahan Pampang seluruhnya merasa merdeka karena Bapak pada hari ini, Tuhan telah mengirim Bapak untuk bertemu dengan warga masyarakat. Jadi dengan semua kesempatan ini, semua penyakit-penyakit sudah hilang. Maka kami percaya semangat kepercayaan untuk membangun bangsa kita, kami percaya Bapak Ahok tetap berjuang untuk bangsa kita," kata tokoh tersebut.


Di sela-sela pidato, terdengar teriakan 'Ahok presiden'. Terdengar ada dua kali teriakan tersebut.

"Ahok presiden," teriak seorang warga. Tak lama kemudian, terdengar tepuk tangan dari hadirin.

Dalam keterangan video yang diunggahnya, Ahok mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Dayak di Kaltim. Dia mengatakan kebudayaan Indonesia mesti dilestarikan.

"Terima kasih kepada suku Dayak di Kalimantan Timur, khususnya di desa adat Pampang, sudah mempercayai saya sebagai bagian dari keluarga besar keluarga suku Dayak. Keanekaragaman budaya di Indonesia ini jelas harus tetap dilestarikan dan memperkokoh kesatuan NKRI," tuturnya.


Diberitakan sebelumnya, pada Sabtu (13/7) pagi, Ahok juga mendapatkan penghargaan dari masyarakat Persekutuan adat Dayak Kalimantan Timur yang memberi penghargaan. Selain warga kehormatan, Ahok diberi gelar Asang Lalung, yang berarti tokoh muda, teguh, perkasa, dan pemberani.

Tidak hanya Ahok, Dewan Adat Dayak Kaltim juga memberikan gelar untuk Puput dengan gelar Idang Bulan, yang artinya cahaya purnama. Prosesi pemberian gelar berlangsung sangat sederhana oleh para tokoh adat Dayak Kalimantan Timur di Hotel Mesra Internasional dan disaksikan sejumlah tokoh dayak, seperti Ketua PDKT Syaharie Jaang, yang juga Wali Kota Samarinda.


Simak Juga "Video Ahok Jajal MRT untuk Pertama Kali"

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Soal Reklamasi, Ahok: Nanti Dikira Anies Gue Kampanye"
[Gambas:Video 20detik]

(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed