detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 21:25 WIB

Wiranto Minta Data Terkait Bencana Palu Segera Dirampungkan

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Wiranto Minta Data Terkait Bencana Palu Segera Dirampungkan Foto: Wiranto (Andhika Prasetia)
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meminta data terkait bencana di Palu dapat segera dirampungkan. Dia meminta data tersebut sudah selesai dalam dua minggu ke depan.

"Yang terjadi sekarang adalah bahwa masih ada perkembangan data-data, mengenai kerusakan-kerusakan rumah, korban, dan sebagai. Saya minta kemarin, kunjungan kemarin adalah minta, saya minta dua minggu data-data itu bersih ya, data itu fix," kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019).



Terkait hunian tetap untuk para korban bencana, Wiranto berharap dapat diselesaikan segera. Menurutnya, hunian sementara yang saat ini ditempati tidak selamanya bisa menampung para korban bencana.

"Ya secepatnya, karena kalau tidak selesai nanti hunian sementara kan nggak bisa menampung mereka. Namanya kan huntara, hunian sementara, tidak selamanya. Ada kapasitasnya untuk bisa menampung berapa bulan dan sebagainya. Kita harapkan (hunian tetap) memang segera dapat kita rampungkan," ujarnya.


Wiranto juga kembali mengingatkan soal zona merah yang rawan bencana. Ia meminta warga menaati peraturan pemerintah dan tidak bertindak semaunya sendiri.

"Ini kan perlu diselesaikan pemerintah daerah, pendekatan-pendekatan persuasif yang terus kita lakukan. Agar apa? Agar proses rehabilitasi dan rekonstruksi, kan tahap itu sekarang ini, dapat dijalankan dengan baik. Semuanya untuk kepentingan masyarakat," pungkasnya.

Simak Video "Ini Sosok Penusuk Wiranto, Istrinya Ikut Dibekuk karena Bawa Sajam"
[Gambas:Video 20detik]

(azr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com