detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 20:16 WIB

Wiranto akan Bertemu Xanana Gusmao Bahas Batas Indonesia-Timor Leste

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Wiranto akan Bertemu Xanana Gusmao Bahas Batas Indonesia-Timor Leste Perbatasan Indonesia-Timor Leste di Atambua, NTT (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Indonesia terus menggodok masalah perbatasan darat dengan Timor Leste. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyatakan akan bertemu dengan Menteri Perencanaan dan Investasi Timor Leste Xanana Gusmao untuk finalisasi masalah perbatasan tersebut.

"Ada kemajuan yang sangat bagus sekali. Dan kemajuan-kemajuan itu akan kita finalisasi nanti dalam kunjungan Xanana Gusmao pada hari Senin nanti tanggal 22 (Juli)," ujar Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019).


Wiranto mengatakan Xanana akan bertemu dengannya dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Pertemuan itu akan membahas penyelesaian masalah perbatasan darat antara Indonesia dengan Timor Leste.

"Akan bertemu saya, bertemu dengan Bu Menlu, untuk memastikan dua titik perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste... ini harus kita selesaikan. Karena dengan penyelesaian dua titik daratan ini, kita akan terus bergerak nanti untuk memposisikan batas lautan," jelasnya.

Wiranto menyebut sudah ada pemahaman dan kemajuan yang baik di antara kedua negara. Ia berharap pertemuan pada Senin (22/7) mendatang menjadi titik akhir dari pembahasan masalah tersebut.


"Tapi kemajuannya sudah sangat bagus ya. Sudah ada pemahaman-pemahaman di antara kita, sehingga sudah ada road map untuk bisa menyelesaikan itu, baik rencana waktunya maupun materi-materi yang kita harus bahas. Tapi tunggu nanti tanggal 22 (Juli). Saya belum berani untuk lebih maju untuk menyampaikan itu karena saya harus bertemu dengan Xanana Gusmao dulu," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menemui Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. Pertemuan keduanya membahas tentang perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste.

"Membahas melaporkan hasil Senior Official Consultation untuk menyelesaikan masalah perbatasan Indonesia-Timor Leste, untuk batas darat," jelas Retno di Kemenko Polhukam, Kamis (18/7).

Simak Video "Kata Kapolda Banten soal Penusukan Wiranto dan SOP Pengamanan"
[Gambas:Video 20detik]

(azr/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com