detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 19:52 WIB

Wiranto Pastikan Ada Upaya Negosiasi Dinginkan Situasi di Mesuji

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Wiranto Pastikan Ada Upaya Negosiasi Dinginkan Situasi di Mesuji Wiranto (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyatakan konflik yang terjadi di Mesuji, Lampung, adalah masalah klasik. Namun ia menegaskan telah ada upaya negosiasi dari aparat keamanan setempat untuk mendinginkan suasana.

"Tapi aparat keamanan sudah langsung menangani masalah itu. Yang laporkan ke saya sementara Danramil, Kapolres, sudah langsung menangani masalah itu. Dan sementara coba bernegosiasi untuk mendinginkan suasana itu," ujar Wiranto di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019).


Menurut Wiranto, kedua pihak yang bentrok di Mesuji sempat mempersenjatai diri dengan benda tajam. Namun ia mengatakan saat ini kondisi sudah mulai terkendali.

"Masih terkendali oleh aparat keamanan, dan berangsur-angsur ya... Walaupun kemarin-kemarin mereka masih agak panas, masih mempersenjatai diri dengan benda-benda tajam," ungkapnya.


Sebelumnya, bentrokan terjadi pada Rabu (17/7) sekitar pukul 14.00 WIB di Mekar Jaya Abadi KHP Register 45 SBM. Sekitar pukul 11.00 WIB, saat itu datang alat berat bajak milik kelompok Pematang Panggang Mesuji Raya dan kemudian melakukan pembajakan di lokasi KHP Register 45 Mekar Jaya Abadi.

Kedua kelompok saling klaim berhak atas pengolahan lahan Register 45. Akibatnya, tiga orang tewas dan 10 orang luka-luka.



Simak Juga 'Suasana Mesuji Usai Bentrok Antarwarga yang Menelan Korban Jiwa':

[Gambas:Video 20detik]


(azr/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com