detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 19:53 WIB

MA Kecam Pengacara Tomy Winata yang Pukul Hakim PN Jakpus

Andi Saputra - detikNews
MA Kecam Pengacara Tomy Winata yang Pukul Hakim PN Jakpus Gedung Mahkamah Agung (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
FOKUS BERITA: Pengacara Pukul Hakim
Jakarta - Kuasa hukum pengusaha kondang Tomy Winata berinisial D memukul hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) berinisial HS. Mahkamah Agung (MA) mengecam kejadian tersebut.

"Mahkamah Agung menyesalkan dan sangat berkeberatan atas peristiwa di PN Jakarta Pusat itu," kata jubir MA, hakim agung Andi Samsan Nganro, kepada detikcom, Kamis (18/7/2019).


Andi pun berharap Ketua PN Jakpus untuk segera melaporkan kejadian ini ke polisi. Menurut Andi, tindakan D sangat menghina lembaga peradilan.

"Oleh karena itu, tidak ada pilihan lain kecuali Ketua PN. Jakarta Pusat, harus bersikap melaporkan peristiwa tersebut ke polisi. Ini penghinaan terhadap lembaga peradilan," ujarnya.


Andi juga menyesali pelaku pemukulan tersebut merupakan pengacara yang notabene sangat mengerti hukum.

"Apalagi penyerangan dan pemukulan itu dilakukan oleh pengacara dalam persidangan di saat hakim sedang atau usai membacakan putusan dalam perkara perdata," ucapnya.

Peristiwa pemukulan hakim HS terjadi pukul 16.00 WIB di Ruang Sidang Subekti. Saat sidang, majelis hakim sedang membacakan putusan perkara perdata nomor 223/pdt.G/2018/PN Jakpus. Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara, penggugat dalam perkara itu adalah Tomy Winata.



Simak Juga 'Geger Pengacara Pukul Hakim di Ruang Sidang PN Jakpus!':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/fdn)
FOKUS BERITA: Pengacara Pukul Hakim
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed