detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 18:53 WIB

Ada Lebaran Betawi, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Monas 21 Juli

Yulida Medistiara - detikNews
Ada Lebaran Betawi, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Monas 21 Juli Monas (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan menggelar agenda tahunan Lebaran Betawi ke-12 selama 3 hari pada 19-21 Juli di Lapangan Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat. Khusus pada 21 Juli, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Hal tersebut disampaikan Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam siaran pers. Syafrin mengatakan, pada Minggu, 21 Juli 2019, mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WlB, akan digelar parade defile peserta (berjalan kaki) yang diikuti sekitar 2.000 orang.

Parade itu akan start dari depan Balai Kota DKI berputar di bundaran Air Mancur, belok kiri masuk ke Pintu Barat Daya Monas (Pintu Patung Thamrin). Pada saat parade defile berlangsung, diimbau agar kendaraan yang membawa peserta parade menurunkan penumpang di area parkir IRTI.

Selanjutnya polisi dan petugas Dishub di lapangan akan membantu mengarahkan peserta parade defile dari parkir IRTI menuju titik kumpul di sekitar depan Balai Kota DKI sehingga teratur dan tidak semrawut.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas terhadap ruas jalan Medan Merdeka Selatan sisi selatan (4 lajur) akan dipasangi traffic cone dari depan Kedubes Amerika Serikat sampai gedung ESDM sebagai pembatas yang memisahkan 2 lajur untuk lalu lintas kendaraan dan 2 lajur untuk parade defile.


Saat parade defile mulai berjalan, polisi dan petugas Dishub untuk sementara menutup jalan (2 lajur) yang digunakan untuk lalu lintas kendaraan dari arah Jl Ridwan Rais. Selanjutnya lalu lintas dibuka kembali setelah seluruh peserta parade defile melewati JI Medan Merdeka Selatan.

Petugas akan mengatur ketika peserta parade defile melewati bundaran air mancur, sehingga tidak terjadi konflik dengan masyarakat yang sedang mengikuti car free day.

"Dihimbau kepada pengguna jalan agar dapat menghindari ruas jalan yang menjadi rute/lintasan pawai tersebut dan menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, dan mengutamakan keselamatan di jalan," ujar Syafrin.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diagendakan hadir pada hari ketiga. Pergelaran hari ketiga ini turut dimeriahkan acara puncak, yaitu Sorendo-rendo Karnaval Budaya Nusantara oleh perwakilan dari 5 (lima) wilayah kota administrasi dan 1 (satu) kabupaten kota administrasi.

Sorendo-rendo merupakan parade defile dengan peserta berjumlah sekitar 2.000 orang yang memakai baju adat khas Nusantara dengan berjalan kaki dari Balai Kota Jakarta, berputar di Bundaran Air Mancur Arjuna Wiwaha, kemudian masuk ke Pintu Barat Daya Monas (Pintu Patung Thamrin). Berbeda dengan tahun sebelumnya, Lebaran Betawi kali ini dimeriahkan parade budaya tersebut.

Simak Video "Anies: Masyarakat Betawi Fasilitator Persatuan Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

(yld/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com