ADVERTISEMENT
detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 18:53 WIB

Disebut Kecanduan Game, Wawan 'Game' Berontak Jika Tangannya Dipegang

Isal Mawardi - detikNews
Disebut Kecanduan Game, Wawan Game Berontak Jika Tangannya Dipegang Foto: Isal Mawardi/detikcom
Bekasi - Iwan Setiawan alias Wawan tengah menjalani terapi akibat kecanduan game. Jari jemari Wawan terus bergerak setiap saat seolah sedang bermain game di ponsel.

"Tangannya itu seperti memegang benda yang dimainkan, akhirnya saya tanya keluarganya (paman) Wawan, 'Apa Wawan kencanduan game?' 'Iya, Pak, dulu menang kecanduan game,'" kata Pendiri Yayasan Jamrud Biru Hartono saat ditemui di Jalan Asem Sari II, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Kamis (18/7/2019).

Hartono menyebut Wawan memainkan jari-jemarinya selama berjam-jam bahkan ketika hendak tidur. Dia bahkan memberontak apabila jemarinya dipegang atau disembunyikan.

"Tetap aja dia berontak balik lagi, karena kategori Wawan ini pasif ya, tidak perlu tindakan-tindakan yang mengeluarkan tenaga," jelas Hartono.

Wawan dibawa ke Yayasan Jamrud Biru sejak April 2019. Di sana, dia mendapatkan perawatan hingga terapi untuk kesembuhan mentalnya.

Salah satu terapi yang dilakukan adalah senam bersama. Namun Wawan cenderung lebih fokus hanya pada jari-jemarinya dan tidak mengikuti kegiatan senam sebagaimana yang lain.

"(Jika tangannya dipegang) dia akan kembali lagi, maksa dia. Saya udah kantongin tangan dia, tapi ya tetap aja," lanjutnya.
Selain dengan 'menyembunyikan' tangan, Wawan dipijat refleksi. Hal ini dilakukan untuk mengendurkan saraf-sarafnya agar kembali rileks.

"Kita persuasif aja mengurusi Wawan, di antaranya Wawan perlu namanya pendekatan-pendekatan yang tangannya dimasukin ke kantong atau refleksi apakah ada saraf yang membuat kayak gitu, kategorinya lumayan parah," tuturnya.

Meski Wawan dikategorikan kecanduan game, keseharian dia saat ini tidak pernah memegang ponsel. Wawan cenderung lebih senang memainkan jemarinya seolah dia tengah bermain game.

"Sekarang ditaruh (ponsel) sama dia, dia lebih asyik sama tangannya seolah-olah tangannya main HP. Kalau kita perhatikan dengan jempol di tangan dia, apalagi kalau nggak megang HP," sambungnya.

Yayasan Jamrud Biru merupakan panti sosial yang khusus menangani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Ada ratusan pasien yang mendapatkan terapi di panti asuhan tersebut dengan permasalahan yang berbeda-beda.



Simak Video "Menengok Wawan, Penderita Gangguan Jiwa Akibat Kecanduan Game "
[Gambas:Video 20detik]

(mei/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed