detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 17:58 WIB

Pansel Serahkan 10 Nama Capim KPK ke Jokowi 2 September

Tsarina Maharani - detikNews
Pansel Serahkan 10 Nama Capim KPK ke Jokowi 2 September Foto: Yenti Garnasih (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Ketua pansel capim KPK Yenti Garnasih mengatakan mereka akan menyerahkan 10 nama calon pimpinan (capim) KPK kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada awal September. Selanjutnya, 10 nama itu akan diserahkan ke DPR.

"Insyaallah tanggal 30 (Agustus) itu selesai (seleksi). Tanggal 2 September kami serahkan ke presiden," kata Yenti di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (18/7/2019).


DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 10 capim KPK tersebut. Namun, Yenti mengatakan Pansel KPK tidak dalam kapasitas menjamin proses fit and proper test selesai pada September.

"Kami tidak mengatur mau sekarang atau nanti. Jadi itu kaitannya bagaimana presiden mau memberikan ke DPR. Jadi nggak ada kaitannya lagi dengan Pansel KPK. Pansel hanya menyiapkan," jelasnya.

Diwawancara terpisah, anggota Komisi III F-PDIP Trimedya Panjaitan mengatakan akan lebih baik jika proses fit and proper test 10 capim KPK diselesaikan di masa jabatan DPR periode 2014-2019. Alasannya, mereka yang mengetahui kinerja KPK selama ini.


"Kalau seandainya pansel mengizinkan, saya lebih setuju periode yang sekarang. Karena kami yang mengawal KPK, paling tidak yang ada di priode 2014-2019," kata Trimedya.

"Kita tahu seperti apa KPK hari ini dan kemudian seperti apa pimpinan KPK yang dibutuhkan oleh institusinya sendiri," lanjut dia.

Ia ingin pimpinan KPK 2019-2024 ibarat menjadi 'kado' dari Komisi III DPR 2014-2019. Trimedya berharap para pimpinan KPK Jilid V itu menjadi warisan kinerja mereka.

"Jadi ini sebuah kado dari anggota DPR anggota Komisi III 2014-2019, selain misalnya kami bisa berikan kado RUU KUHP yang bisa kami selesaikan dalam masa ini dan Ibu Yenti juga sebagai salah satu ahli yang yang selalu memberikan pendapat kepada Komisi III," ujarnya.

Simak Video "Seleksi Capim KPK, Pansel Dengar Masukan Pimpinan KPK"
[Gambas:Video 20detik]

(tsa/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com