detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 17:40 WIB

Daftar Capim, Direktur Pencegahan KPK Ingin Bagi Kasus ke Jaksa-Polisi

Zunita Putri - detikNews
Daftar Capim, Direktur Pencegahan KPK Ingin Bagi Kasus ke Jaksa-Polisi Foto: Direktur pencegahan KPK, Pahala Nainggolan (Zunita-detikcom).
Jakarta - Direktur pencegahan KPK, Pahala Nainggolan menjadi salah satu peserta calon pimpinan KPK yang mengikuti tes uji kompetensi. Pahala mengaku mempunyai misi untuk KPK agar punya program kerjasama dengan aparat hukum lainnya seperti kejaksaan dan kepolisian.

Pahala mengungkapkan salah satu tujuannya ikut seleksi karena ingin mengintegrasikan KPK dengan aparat hukum lainnya. Dia mengatakan kerjasama dengan aparat hukum akan membuat KPK bekerja lebih efisien.

"Jadi misalnya, kalau OTT saya pikir, kita bisa dilimpahkan ke Kejaksaan dan Kepolisian, yang kasus turunannya kaya DPRD Malang, DPRD Sumut, kan nggak harus sama KPK semua kan," kata Pahala di Pusdiklat Setneg, Jalan Gaharu I, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019).


Kemudian, dia mengatakan KPK seharusnya mengincar kasus yang lebih besar seperti keuangan perbankan. Menurutnya, kasus-kasus yang tidak terlalu besar itu bisa dilimpahkan ke polisi atau kejaksaan.

"Misal OTT, lebih gencar, tapi segera dilimpahkan ke aparatur hukum lain. Saya bilang, KPK harus pergi membidik kasus-kasus yang lebih besar, keuangan perbankan gitu," katanya.

"Sektor-sektor yang rumit, kaya asuransi perbankan migas, kan yang ditangkap suap. Kasus yang belum kita lidik, dikit banget," imbuhnya.

Tahap seleksi kedua uji kompetensi ini telah selesai. Pansel KPK akan mengumumkan siapa saja peserta capim yang lolos pada Senin (22/7) depan.

Simak Video "Seleksi Capim KPK, Pansel Dengar Masukan Pimpinan KPK"
[Gambas:Video 20detik]

(zap/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com