detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 17:37 WIB

BPOM Medan Sita Obat dan Kosmetik Ilegal Senilai Ratusan Juta Rupiah

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
BPOM Medan Sita Obat dan Kosmetik Ilegal Senilai Ratusan Juta Rupiah Kepala BBPOM Medan Yulius Sacramento Tarigan memberi keterangan soal hasil penggerebekan (Khairul Ikhwa/detikcom)
Medan - Ribuan kemasan obat tanpa izin disita Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan dalam penggerebekan di Medan, Sumatera Utara. Seorang pelaku kini diperiksa intensif.

Penggerebekan itu dilakukan di rumah tinggal yang berada di Jalan Garu III, Kelurahan Harjosari-I, Kecamatan Medan Amplas, Kamis (18/7/2019) sore. Kepala BBPOM Medan Yulius Sacramento Tarigan menyatakan pengungkapan kasus itu bermula dari laporan masyarakat. Petugas menindaklanjuti laporan tersebut dan melakukan penyelidikan.


Foto: Khairul Ikhwan Damanik/detikcom

Dalam proses penyelidikan itu, di kios yang berada di bagian samping rumah pelaku, petugas menemukan pajangan obat-obat maupun kosmetika yang tidak memiliki izin edar dan juga yang mengandung zat kimia berbahaya. Barang bukti yang ditemukan itu, lebih dari 70 jenis atau merek, yang terbungkus dalam ribuan kemasan.

"Jumlahnya saat ini masih dalam proses pendataan. Belum bisa dipastikan, namun kita perkirakan nilainya mencapai ratusan juta rupiah," kata Tarigan di lokasi penggerebekan.

Hasil pemeriksaan sementara, pelaku yang diidentifikasi sebagai L (45), mendapatkan barang-barang itu dengan mengorder ke pemasok dari Jawa. Barang kemudian dikirim, tetapi lokasi pengiriman berasal dari berbagai tempat, tidak hanya dari Jawa.


Foto: Khairul Ikhwan Damanik/detikcom

Pelaku sudah menjual produk-produk ini selama dua tahun terakhir, namun pada awalnya hanya menjual madu. Begitupun pemeriksaan intensif sedang dilakukan untuk mengembangkan penyelidikan.

"Produk-produk ini kita amankan supaya tidak tidak ada risiko beredar ke masyarakat. Kita akan dalami sumbernya dan modusnya. Tidak tertutup ada di tempat lain," ujar Tarigan.

Simak Video "Daftar Kosmetik Ilegal dan Palsu yang Ditarik oleh BPOM"
[Gambas:Video 20detik]

(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com