detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 15:18 WIB

Idrus Marham Mau Kasasi Putusan 5 Tahun Bui, KPK Siap Ladeni

Haris Fadhil - detikNews
Idrus Marham Mau Kasasi Putusan 5 Tahun Bui, KPK Siap Ladeni Idrus Marham (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Mantan Menteri Sosial Idrus Marham bakal mengajukan kasasi terhadap vonis 5 tahun penjara yang diputuskan majelis hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. KPK menyatakan siap menghadapi kasasi Idrus Marham.

"Jika benar pihak terdakwa mengajukan kasasi, kami pastikan KPK akan menghadapi," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (18/7/2019).

KPK, menurut Febri, mengapresiasi PT DKI yang menerima permohonan banding. Putusan banding dinilai sudah sesuai dengan tuntutan KPK, yakni dengan Pasal 12a UU Tipikor.

Selain itu, KPK sudah menerima salinan putusan lengkap banding sehingga bisa dipelajari.




"Kami menghargai pengadilan yang telah menerima banding yang diajukan KPK dan menegaskan bahwa terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan korupsi. Vonis yang dijatuhkan adalah 5 tahun penjara dan denda Rp 200 juta. Selain itu, cepatnya selesai dan diterimanya dokumen putusan lengkap juga menjadi poin yang kami pandang perlu diapresiasi," kata Febri.




Sebelumnya, majelis hakim tingkat banding memvonis Idrus dengan hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan. Hukuman ini lebih tinggi dibanding vonis Idrus Marham pada tingkat Pengadilan Tipikor, yaitu 3 tahun penjara dan denda Rp 150 juta subsider 2 bulan kurungan.

Dalam putusan Pengadilan Tipikor, mantan Sekjen Golkar ini dinyatakan bersalah menerima suap Rp 2,25 miliar dari pengusaha Johanes Budisutrisno Kotjo terkait proyek PLTU Riau-1. Idrus dinyatakan bersalah melanggar Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Simak Video "Terekam CCTV Saat Idrus Marham 'Pelesiran' Tanpa Rompi KPK"
[Gambas:Video 20detik]

(haf/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed