detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 13:13 WIB

Rakernas Komunitas Maritim, Ma'ruf Ingatkan Pidato Visi Indonesia Jokowi

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Rakernas Komunitas Maritim, Maruf Ingatkan Pidato Visi Indonesia Jokowi Wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Komunitas Masyarakat Maritim (Kommari). (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Komunitas Masyarakat Maritim (Kommari). Ma'ruf mengingatkan pidato visi Indonesia yang disampaikan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi), khususnya di bidang kemaritiman.

"Beberapa hari yang lalu Bapak Presiden Jokowi sudah menyampaikan visi umum 5 tahun Indonesia ke depan untuk membangun Indonesia maju dan sejahtera. Salah satu sektor yang harus juga mendapat perhatian yaitu sektor kemaritiman, yang sebenarnya memiliki potensi besar untuk menjadi sumber dalam rangka memajukan dan menyejahterakan bangsa ini," kata Ma'ruf Amin dalam sambutannya di acara Silaturahmi dan Rakernas Kommari di Ballroom Puri Agung Grand Sahid Jaya Hotel, Kamis (18/7/2019).

Ma'ruf mengungkapkan wilayah maritim Indonesia memiliki potensi besar. Di laut terdapat berbagai jenis ikan dan banyak ditemukan sumber minyak. Sementara itu, kawasan pesisir juga menyimpan potensi besar, seperti pariwisata.

"Pariwisata yang selama ini potensi ini belum tergali belum terbangun secara optimal. Karena ini apabila kita mampu membangun maritim ini bukan mustahil sektor maritim andalan utama dalam membangun menjadi andalan bangsa dan negara ini," ujarnya.


Menurut Ma'ruf, banyak negara lain yang mampu memanfaatkan potensi kemaritimannya sehingga dapat memajukan dan menyejahterakan negara tersebut. Sementara itu, Indonesia merupakan negara maritim yang luas lautnya lebih besar daripada daratannya.

"Karena itu, potensi kemaritiman kita sangat besar. Hanya memang kita harus bekerja keras, harus kita membangun dengan upaya-upaya yang lebih optimal, harus mengerahkan segala daya dan upaya, harus melakukan upaya-upaya perbaikan-perbaikan yang berkelanjutan. Kalau istilah pak Jokowi, tidak hanya rutinitas, begitu-begitu saja. Sehingga perlu ada inovasi-inovasi baru di dalam melakukan pengelolaannya," tuturnya.

Simak Video "Ma'ruf Amin: Persoalan Maritim Harus Didukung Infrastruktur"
[Gambas:Video 20detik]

(nvl/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com