detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 12:34 WIB

219 Hektare Lahan Gambut di Aceh Barat Terbakar, Penyebabnya Diselidiki

Agus Setyadi - detikNews
219 Hektare Lahan Gambut di Aceh Barat Terbakar, Penyebabnya Diselidiki ILUSTRASI/ANTARA FOTO
Aceh Barat - Kebakaran lahan gambut di Kabupaten Aceh Barat, Aceh, terus terjadi. Total area yang terbakar mencapai 219,4 hektare.

"Hari ini lahan yang terbakar bertambah sekitar 12 hektare, secara keseluruhan totalnya 219,4 hektare yang terbakar. Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan polisi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek kepada wartawan, Kamis (18/7/2019).

Lokasi baru kebakaran lahan di Aceh Barat terjadi di tiga desa di Kecamatan Johan Pahlawan, yakni Desa Blang Brandan (10 hektare), Desa Leuhan (2 hektare) dan Desa lapang (1 hektare). Selain itu juga di dua desa di Kecamatan Kaway XVI yaitu Desa Peunia (2 hektare) dan Desa Buloh seluas (5 hektare).





Lahan gambut terbakar juga terjadi di Kecamatan Bubon yakni di Desa Kuta Padang Luas (60 hektare) dan di Desa Cot Gajah Mate Kecamatan Arongan Lambalek (5 hektare). Api di desa terakhir sudah dapat dipadamkan 90 persen.

"Pemadaman masih terus dilakukan namun cakupan wilayah terus bertambah," ujar Dadek.

Menurut Dadek, petugas kewalahan memadamkan api karena lahan yang terbakar sangat luas. Selain itu, petugas juga kekurangan peralatan serta jauhnya sumber air.

Petugas di lapangan juga kekurangan pompa tekanan tinggi dan membutuhkan selang sebanyak 50 rol.





"Kendala lain petugas membutuhkan alat-alat pemukul api dan cairan peresap," ujarnya.

Sementara untuk seluruh Aceh, luas lahan dan hutan yang terbakar sejak 1 Juli sampai hari ini yaitu seluas 351,15 hektare. Menurut Dadek, kini tinggal Aceh Barat yang belum dapat dipadamkan sepenuhnya.

"Kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di 12 kabupaten/kota atau 26 Kecamatan di Provinsi Aceh seluas 351.15 hektare dengan kondisi 90 persen dapat dipadamkan dan 1 kabupaten lagi masih diupayakan," kata Dadek.

Simak Video "Api Masih Berkobar, Obyek Wisata Kawah Putih Ditutup Sementara"
[Gambas:Video 20detik]

(agse/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com