detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 12:00 WIB

Menkum HAM Vs Wali Kota Tangerang Saling Lapor, Polisi Jamin Profesional

Mei Amelia R - detikNews
Menkum HAM Vs Wali Kota Tangerang Saling Lapor, Polisi Jamin Profesional Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Kisruh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dengan Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah berbuntut panjang. Setelah pihak Menkum HAM mengadukan wali kota ke polisi, Wali Kota Tangerang pun melaporkan balik ke Polres Metro Tangerang Kota.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Abdul Karim mengatakan pihaknya profesional dalam menangani laporan kedua belah pihak tersebut. Polisi akan menindaklanjuti laporan kedua belah pihak.

"Polisi profesional dan proporsional. Siapa pun yang melapor ke pihak kepolisian, polisi berkewajiban untuk menindaklanjuti," kata Kombes Abdul Karim saat dihubungi detikcom, Kamis (18/7/2019).

Abdul mengatakan pihaknya akan menyelidiki laporan kedua pihak. Abdul Karim menegaskan pihaknya tidak akan ikut campur jika ada upaya mediasi atau musyawarah di antara kedua pihak.



"Masalah penyelesaian di luar penegakan hukum itu di luar wewenang kami," ucapnya.

Sepanjang kedua pihak tidak mencabut laporannya, polisi akan menegakkan hukum.

"Ya tentunya akan kita tindak lanjuti," tandasnya.

Sebelumnya, Biro Hukum Kemenkum HAM melaporkan Arief R Wismansyah ke Polres Metro Tangerang Kota setelah Yasonna dan Arief saling sindir di media sosial terkait lahan Kemenkum HAM. Kisruh itu berbuntut dihentikannya sejumlah fasilitas di kantor-kantor pelayanan Kemenkum HAM, seperti sampah tak diangkut dan lampu yang dimatikan.

Buntut kisruh ini, Arief dan Yasonna dipanggil Istana. Sedangkan Arief kemudian membuka kembali fasilitas di kantor pelayanan Kemenkum HAM di Kota Tangerang setelah diinstruksikan Mendagri Tjahjo Kumolo.





Simak Video "Walkot Tangerang Jelaskan Penyebab Ribut dengan Menkum HAM"
[Gambas:Video 20detik]

(mei/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com