detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 11:50 WIB

Petahana Laode Syarif Pun Dibuat Bingung Pilihan Ganda Tes Capim KPK

Zunita Putri - detikNews
Petahana Laode Syarif Pun Dibuat Bingung Pilihan Ganda Tes Capim KPK DOK.detikcom/Wakil Ketua KPK Laode M Syarif/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Wakil Ketua KPK Laode M Syarif bercerita soal tes kedua calon pimpinan KPK periode 2019-2023. Syarif mengaku sempat kebingungan dengan pilihan jawaban soal yang mirip.

"Soalnya seperti biasa, multiple choice agak susah. Apa namanya itu mirip-mirip jawabnya, jadi harus cari yang paling pas," ujar Syarif di sela istirahat seleksi tahap kedua capim KPK di Pusdiklat Setneg, Jalan Gahuri I, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019).

Selain itu, ada pertanyaan yang diakui Syarif agak sulit dijawab terkait dengan definisi terkait pidana korupsi yang diatur UU.




"Salah satunya definisi yang ada dalam UU Tindak Pidana Korupsi, UU di KPK. Bahkan ditanyain apa definisi pemberantasan korupsi dalam UU KPK? kan itu agak panjang, jadi untuk bisa menjawab kan kadang lupa," tutur Syarif.

Syarif menduga kemungkinan para pendaftar capim KPK juga kesulitan menjawab pertanyaan dalam seleksi tahap kedua.




"Ya saya yakin orang yang di luar KPK lebih sulit karena nggak tiap hari kan dia baca. Kita saja yang tiap hari baca aja masih kadang lupa," kata dia.

Sementara itu, Kepala Pusat Diklat Manajemen dan Kepemimpinan pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan, Ranu Mihardja mengungkapkan kepercayaan dirinya menjawab 70 pertanyaan yang disodorkan Pansel capim KPK.

"Pasti (soal terjawab semua)," kata Ranu.

Ranu mengakui ada sejumlah pertanyaan yang sulit dijawab. Tapi Ranu tetap yakin dengan mengikuti seleksi capim KPK ini.

"Persiapan, berdoa aja," katanya.

Pada tahap kedua uji kompetensi, capim KPK menjawab 70 pertanyaan dan menyusun makalah maksimal 10 lembar.

Simak Video " Rekam Jejak Capim KPK Banyak yang Buruk"
[Gambas:Video 20detik]

(zap/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com