detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 11:20 WIB

Hukuman Diperberat Jadi 5 Tahun Bui, Idrus Marham akan Ajukan Kasasi

Haris Fadhil - detikNews
Hukuman Diperberat Jadi 5 Tahun Bui, Idrus Marham akan Ajukan Kasasi Idrus Marham (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Idrus Marham bakal mengajukan kasasi atas putusan 5 tahun penjara yang diputuskan hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Alasannya, hakim dinilai tidak mencermati fakta hukum yang sebenarnya.

"Pasti kami akan ajukan kasasi ke Mahkamah Agung karena majelis banding tidak mencermati fakta hukum yang sebenarnya terjadi dan telah keliru dalam menerapkan hukum yang tepat untuk klien saya, Saudara Idrus Marham," kata pengacara Idrus Marham, Samsul Huda, Kamis (18/7/2019).

Vonis 5 tahun penjara ini lebih tinggi dibanding putusan pada tingkat pertama, yakni Pengadilan Tipikor. Pengacara menyebut Idrus Marham bakal terus mencari keadilan yang hakiki.

"Kami akan terus mencari keadilan yang hakiki di Mahkamah Agung RI," ujarnya.




Majelis hakim tingkat banding yang diketuai I Nyoman Sutama serta hakim anggota Mohammad Zubaidi Rahmat dan Achmad Yusak menyatakan Idrus Marham terbukti bersalah dalam kasus suap ini. Idrus Marham dijatuhi hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan.

Hukuman ini lebih tinggi dibanding vonis Idrus Marham pada tingkat Pengadilan Tipikor. Sebelumnya, Idrus divonis 3 tahun penjara dan denda Rp 150 juta subsider 2 bulan kurungan.

Idrus Marham dalam putusan Pengadilan Tipikor dinyatakan bersalah menerima suap Rp 2,25 miliar dari pengusaha Johanes Budisutrisno Kotjo terkait proyek PLTU Riau-1. Dia dinyatakan bersalah melanggar Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Simak Video "Terekam CCTV Saat Idrus Marham 'Pelesiran' Tanpa Rompi KPK"
[Gambas:Video 20detik]

(haf/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com