detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 11:17 WIB

Laporan Dicabut, Kasus Politik Uang Caleg Gerindra Wahyu Dewanto Di-SP3

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Laporan Dicabut, Kasus Politik Uang Caleg Gerindra Wahyu Dewanto Di-SP3 Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Subdit Kamneng Ditreskrimum Polda Metro Jaya menghentikan kasus dugaan politik uang pada Pemilu 2019 dengan tersangka caleg DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Wahyu Dewanto. Kasus itu disetop lantaran pelapor, Yupen Hadi, mencabut laporannya.

"Pelapor Yupen Hadi sudah mengajukan permohonan pencabutan laporan polisi ke Polda Metro Jaya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono saat dimintai konfirmasi, Kamis (18/7/2019).

Permohonan SP3 (surat pemberitahuan penghentian penyidikan) itu dikirimkan pada 16 Juli 2019. Dalam permohonannya, Yupen Hadi menyebutkan telah menyelesaikannya dengan jalan musyawarah.

"Alasan karena perkaranya sudah diselesaikan secara musyawarah dalam internal Partai Gerinda, di mana Wahyu Dewanto sudah mengundurkan diri sebagai caleg Partai Gerinda DKI Dapil VIII Jakarta Selatan yang ditujukan kepada KPUD DKI Jakarta, sebagaimana surat pernyataan tertanggal 15 Juli 2019 yang dibuat dan ditandatangani Wahyu Dewanto," ungkap Argo.
Argo menyebut sebelumnya penyidik juga memeriksa pelapor saat pelapor mengajukan pencabutan laporan itu. Setelah dilakukan pemeriksaan, penyidik akhirnya menghentikan kasus tersebut.

"Kita sudah periksa pelapor pada 16 Juli 2019 terkait pencabutan laporan polisi, sebagaimana yang tertuang dalam BAP pencabutan laporan polisi dan telah dilakukan gelar perkara penghentian penyidikan," pungkas Argo.
Sebelumnya, Polda Metro Jaya menerbitkan pencarian terhadap Wahyu Dewanto. Wahyu Dewanto dicari lantaran hendak dihadirkan dalam sidang dugaan politik uang.

Diketahui, kasus itu bermula dari adanya laporan polisi pada 1 Juli 2019 yang diketahui kasus itu terjadi pada 25 Mei 2019 di wilayah Dapil VIII DKI Jakarta dan dilaporkan oleh YH. YH melaporkan Wahyu karena diduga melakukan politik uang pada Pemilu 2019, seperti tertuang dalam laporannya bernomor LP/3945/VII/2019/PMJ/Ditreskrimum, tertanggal 01 Juli 2019.


Simak Video "Cak Imin: di PKB Tidak ada Money Politic"
[Gambas:Video 20detik]

(sam/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com