detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 11:12 WIB

Pansel Umumkan Capim KPK yang Lolos Tahap II Senin Depan

Zunita Putri - detikNews
Pansel Umumkan Capim KPK yang Lolos Tahap II Senin Depan Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih (Lisye/detikcom)
Jakarta - Ketua Pansel KPK Yenti Garnasih mengatakan calon pimpinan (capim) KPK yang lolos tahap kedua uji kompetensi akan diumumkan pada Senin mendatang. Capim KPK yang lolos di tahap kedua ini akan mengikuti psikotes.

"Nanti insyaallah, Senin kita umumkan dari 192 ini (yang lolos), kemudian naik ke psikotes, insyaallah tanggal 28 psikotesnya. Nanti di sana kita menuju ke profile assessment tes-tes yang lain, kemudian kita uji publik kerja sama media, baru kita wawancara oleh pansel," kata Yenti di Pusdiklat Setneg, Jalan Gahuri I, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019).

Tes akan diselenggarakan pada 28 Agustus mendatang. Selanjutnya ada tahapan seperti debat publik, wawancara Pansel, hingga uji publik di DPR.

Menurut Yenti, Pansel menargetkan seleksi ini akan selesai pada akhir Agustus. Jadi, pada 2 September dia akan menyerahkan 10 nama dan memberikannya kepada Presiden Joko Widodo.

"Insyaallah di akhir Agustus kita selesai, tanggal 2 September, kita serahkan presiden. Jadi insyaallah nggak ada halangan," ucapnya.


Sebelumnya, Yenti juga mengatakan akan menyaring sekitar 50 orang dari tes kedua ini. Namun itu juga tidak bisa ia pastikan, tergantung nanti 192 orang ini bisa memenuhi kategori Pansel atau tidak.

"Kita harap antara 50 atau lebih 50 (peserta lolos tahap 2), tergantung, kalau memang nge-blank semua, dan cuma 10 (orang), apa boleh buat. Jadi tergantung ya, kita kan punya kriteria-kriteria, jadi kita harap masih banyak (yang lolos) sehingga kita lebih mudah," kata Yenti.

Tahap seleksi kedua uji kompetensi terdiri dari 2 macam ujian. Pertama, check point multiple choice dengan 70 pertanyaan soal yang berbasis digital dan menggunakan laptop. Kedua, mengetik makalah maksimal 10 halaman.

Simak Video "Seleksi Capim KPK, Pansel Dengar Masukan Pimpinan KPK"
[Gambas:Video 20detik]

(zap/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com