detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 08:00 WIB

Polisi Pastikan Situasi Mesuji Sudah Kondusif

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Polisi Pastikan Situasi Mesuji Sudah Kondusif Foto: Ari Saputra
Jakarta - Bentrokan antarwarga terjadi di Register 45 Mekarjaya, Mesuji, Lampung. Polisi memastikan kondisi saat ini sudah kondusif.

"Sudah dapat dikendalikan dan kondusif tapi tetap untuk aparat keamanan bersama para tokoh terus mengantisipasi potensi-potensi kerawanan susulan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Kamis (18/7/2019).

Polda Lampung sebelumnya telah menerjunkan 500 personel aparat gabungan yang bersiaga di lokasi. Insiden itu mengakibatkan 4 orang warga tewas, dan 9 lainnya mengalami luka-luka.

Sebelumnya, bentrokan terjadi pada Rabu 17 Mei 2019 sekitar pukul 14.00 WIB. Kejadian bermula saat salah satu kelompok warga melakukan pembajakan di satu lahan yang diakui sebagai lahan miliknya. Kemudian ada sekelompok warga mendatanginya. Mereka diingatkan agar tidak membajak lahan di lokasi tersebut.

"Akhirnya yang melakukan pembajakan sawah itu kembali ke daerahnya, tapi dia kembali membawa massa dengan membawa senjata tajam... terjadilah perkelahian," ujar Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad, Rabu (17/7).





Simak Video "Warga dan TNI-Polri Salat Jumat Bersama di Mesuji"
[Gambas:Video 20detik]

(fdu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed